Militan Houthi mengoperasikan senjata anti-pesawat di Sanaa, Yaman. (AFP)
Militan Houthi mengoperasikan senjata anti-pesawat di Sanaa, Yaman. (AFP)

Houthi Klaim Telah Bunuh 8 Prajurit Saudi di Marib

Internasional konflik yaman arab saudi pemberontak houthi
Willy Haryono • 30 November 2020 16:03
Marib: Kelompok pemberontak Houthi mengklaim telah membunuh delapan prajurit Arab Saudi di provinsi Marib di wilayah timur Yaman. Houthi menyebut delapan prajurit itu tewas terkena serangan misil.
 
"Kekuatan misil balistik Badr-P berhasil mengenai ruang operasi gabungan di kamp Tadawin di provinsi Marib," ujar juru bicara Houthi, Yahya Sarea.
 
"Serangan mengenai target dengan akurat," lanjutnya, dilansir dari laman Anadolu Agency pada Senin, 30 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebut serangan misil Badr-P itu telah menewaskan delapan komandan dan prajurit Saudi, serta melukai tujuh lainnya. Sejauh ini, koalisi pimpinan Saudi dalam melawan Houthi belum berkomentar mengenai klaim serangan di Marib.
 
Houthi kembali menjadi sorotan usai menyerang fasilitas minyak milik perusahaan Saudi Aramco di Jeddah beberapa hari lalu. Koalisi Saudi mengonfirmasi Houthi memang telah menyerang fasilitas tersebut.
 
Menurut Riyadh, aksi Houthi tersebut merupakan serangan terhadap "keamanan energi global."
 
"Houthi tidak menyerang Aset Nasional Kerajaan, tapi pusat dari perekonomian global dan rute pasokannya. Mereka juga telah menyerang keamanan energi global," ujar jubir koalisi Saudi, Kolonel Turki al-Maliki, berdasarkan keterangan dari kantor berita Saudi Press Agency (SPA).
 
Baca:  Arab Saudi Sebut Serangan Houthi di Aramco sebagai Tindakan Pengecut
 
Yaman dilanda konflik bersenjata antara pasukan pemerintahan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi dan Houthi. Pada 2015, koalisi militer pimpinan Arab Saudi mengintervensi konflik di Yaman sesuai permohonan Presiden Hadi.
 
Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), konflik di Yaman telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan warganya telantar.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif