Presiden Nigeria Muhammadu Buhari. (Foto: AFP)
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari. (Foto: AFP)

Tekan Penyebaran Covid-19, Nigeria Lockdown Dua Kota Besar

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 30 Maret 2020 07:36
Abuja: Presiden Nigeria Muhammadu Buhari memberlakukan penutupan wilayah secara total atau lockdown untuk dua kota besar, Lagos dan Abuja, dalam upaya menekan penyebaran virus korona (covid-19). Lewat lockdown ini, pergerakan warga akan benar-benar dibatasi mulai Senin 30 Maret 2020.
 
"Semua warga di area-area tersebut diminta untuk tetap berada di dalam rumah," ucap Buhari dalam pengumuman yang disiarkan di televisi.
 
"Perjalanan dari dan menuju negara bagian lain sebaiknya ditunda. Semua tempat usaha dan perkantoran di dua kota tersebut sebaiknya ditutup selama periode (lockdown)," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari France 24, Buhari mengatakan bahwa pembatasan pergerakan ini tidak meliputi aktivitas pergi ke rumah sakit, toko makanan, atau stasiun pengisihan bahan bakar.
 
"Meski ada beberapa pengecualian, aksesnya akan benar-benar diawasi," tegas Buhari.
 
Nigeria, negara dengan jumlah penduduk terbanyak di benua Afrika, sejauh ini mencatat 111 kasus terkonfirmasi covid-19 dengan satu kematian dan tiga pasien sembuh. Namun, sejumlah pihak menilai rendahnya angka diakibatkan minimnya jumlah tes covid-19 di kalangan warga.
 
Otoritas di Lagos, kota berpenduduk 20 juta jiwa, telah menutup banyak sekolah, toko yang bukan menjual makanan, dan juga melarang perkumpulan massa.
 
Seperti di India, menerapkan lockdown di Nigeria merupakan tantangan besar karena jutaan warga bekerja di sektor informal, dan mengandalkan penghasilan harian untuk bertahan hidup.
 
Di India, pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi telah menerapkan lockdown sejak 25 Maret. Ia meminta maaf kepada warga miskin India atas penerapan lockdown, namun menegaskan hanya itulah satu-satunya cara untuk mengalahkan pandemi covid-19.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif