Pasukan Houthi bersiaga di Yaman. Houthi tengah aktif melakukan serangan ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Foto: AFP
Pasukan Houthi bersiaga di Yaman. Houthi tengah aktif melakukan serangan ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Foto: AFP

Dua Orang Terluka Akibat Rudal Houthi yang Hantam Arab Saudi

Internasional arab saudi Pemberontak Houthi Yaman
Fajar Nugraha • 24 Januari 2022 12:28
Riyadh: Koalisi pimpinan Arab Saudi mengatakan dua orang asing terluka akibat rudal balistik yang ditembakkan oleh Pemberontak Houthi pada Minggu 23 Januari 2022. Rudal itu jatuh di selatan Arab Saudi.
 
“Sebanyak  dua orang asing, Sudan dan Bengali, menderita luka ringan ketika sebuah rudal balistik yang ditembakkan oleh Pemberontak Houthi jatuh di selatan Arab Saudi,” laporan SPA, seperti dikutip Israel National News, Senin 24 Januari 2022.
 
Baca: Uni Emirat Arab Tembak Jatuh 2 Rudal di Abu Dhabi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sejumlah bengkel dan kendaraan sipil rusak dalam serangan yang menargetkan zona industri Ahad al Masarihah di barat daya Arab Saudi,” imbuh laporan SPA.
 
Houthi dan sekutu mereka mengambil alih sebagian besar Yaman, termasuk ibu kota Sanaa, pada 2015. Koalisi militer yang dipimpin Arab Saudi kemudian melakukan intervensi di Yaman untuk mencoba memulihkan pemerintah.
 
Telah lama diyakini bahwa Iran berencana untuk menggunakan Houthi untuk mengambil alih Yaman dan merebut pelabuhan strategis utama Aden, yang mengontrol pintu masuk ke Laut Merah dan akhirnya ke kota resor Israel Eilat.
 
Iran membantah mendukung Houthi dan juga membantah tuduhan Arab Saudi bahwa Teheran memberi Pemberontak Houthi di Yaman kemampuan balistik.
 
Insiden Minggu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara koalisi pimpinan Saudi dan Houthi dalam beberapa hari terakhir. Pekan lalu, Houthi menyerang tiga kapal tanker minyak di dekat Abu Dhabi.
 
Pada Jumat, serangan udara di sebuah penjara yang dijalankan oleh pemberontak Houthi Yaman merenggut nyawa lebih dari 90 orang. Koalisi yang dipimpin Saudi pada hari Sabtu membantah melakukan serangan udara di penjara, yang dikutuk oleh Iran.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif