Sebuah tempat pengisian bahan bakar di Riyadh, Arab Saudi. Foto: AFP
Sebuah tempat pengisian bahan bakar di Riyadh, Arab Saudi. Foto: AFP

Janji Arab Saudi untuk Hapus Bahan Bakar Fosil Amat Dinantikan

Internasional arab saudi perubahan iklim COP26 Nol Emisi Karbon
Medcom • 25 Oktober 2021 17:05
Riyadh: Para ahli mengatakan, janji Arab Saudi untuk mencapai emisi nol bersih (net zero emission) pada 2060, harus berjalan seiringan dengan rencana penghapusan bahan bakar fosil.
 
Dilansir dari AFP, Minggu, 24 Oktober 2021, mereka mempertanyakan rencana negara pengekspor minyak utama dunia ini dalam meningkatkan kapasitas produksinya. Namun jaringan kampanye global independen, Greenpeace meragukan hal tersebut.
 
Para ahli menuduh Arab Saudi, salah satu pencemar terbesar di dunia tengah mencoba mengalihkan kritik pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), COP26 di Glasgow, Skotlandia minggu depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya, dengan meningkatnya urgensi global guna membatasi pemanasan global, COP26 disebut bertujuan untuk menempatkan dunia pada jalur menuju nol bersih pada pertengahan abad.
 
“Kami mempertanyakan keseriusan pengumuman ini, karena ini sejalan dengan rencana kerajaan untuk meningkatkan produksi minyaknya,” kata manajer kampanye Greenpeace Middle East and North Africa (MENA), Ahmad El Droubi.
 
Bulan ini, perusahaan minyak negara Arab Saudi, Aramco mengatakan, pihaknya berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi dari 12 juta menjadi 13 juta barel per hari pada 2027.
 
“Janji nol bersih emisi di Riyadh tampaknya hanya menjadi langkah strategis untuk mengurangi tekanan politik menjelang COP26”, pungkas El Droubi.
 
Menurut peneliti senior di Pusat Studi Strategis dan Internasional, Ben Cahill, “Kerajaan Arab Saudi harus membuat dorongan secara besar-besaran pada efisiensi energi dan dekarbonisasi sektor listrik.”
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif