NEWSTICKER
Dua peserta menghadiri acara pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara-negara anggota G20 di Riyadh, Arab Saudi, 23 Februari 2020. (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)
Dua peserta menghadiri acara pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari negara-negara anggota G20 di Riyadh, Arab Saudi, 23 Februari 2020. (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)

Arab Saudi Gelar KTT Virtual G20 Pekan Depan

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 18 Maret 2020 08:41
Riyadh: Arab Saudi berencana menggelar Konferensi Tingkat Tinggi Group of 20 (G20) secara virtual pekan depan. Agenda utama yang akan dibahas adalah pandemi virus korona covid-19 beserta dampaknya terhadap perekonomian global.
 
Dikutip dari Arab News, Rabu 18 Maret 2020, para petinggi negara anggota G20 akan merumuskan rangkaian kebijakan terkoordinasi untuk melindungi keselamatan masyarakat dan menjaga agar perekonomian global tidak roboh di tengah pandemi covid-19.
 
KTT virtual G20 ini akan dihadiri jajaran menteri keuangan, gubernur bank nasional, dan berbagai pejabat tinggi lainnya dari semua negara anggota. Mereka semua akan menentukan langkah-langkah apa saja yang diperlukan dalam mengalahkan virus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan KTT G20 tahun ini digelar secara virtual dari jarak jauh untuk meminimalisasi risiko penularan covid-19 antar pemimpin global.
 
Sebelumnya, pertemuan para petinggi Group of Seven (G7) juga digelar dari jarak jauh dengan menggunakan teknologi panggilan video (video call). Kepala negara Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Italia, Kanada, dan Jepang, mendiskusikan covid-19 meski berada di tempat terpisah.
 
"Kami, pemimpin Group of Seven, mengakui bahwa pandemi covid-19 adalah tragedi kemanusiaan dan krisis kesehatan global, yang juga berpotensi memicu dampak signifikan terhadap perekonomian dunia," ujar pernyataan gabungan G7.
 
"Kami berkomitmen melakukan apapun yang diperlukan untuk memastikan respons global yang kuat melalui peningkatan kerja sama dan koordinasi," lanjut mereka, yang bertatap muka via konferensi panggilan video.
 
"Walau tantangan saat ini mungkin membmtuhkan langkah darurat nasional, kami tetap berkomitmen terhadap stabilitas perekonomian global," ungkap G7.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif