PM Ethiopia Abiy Ahmed. (Foto: AFP)
PM Ethiopia Abiy Ahmed. (Foto: AFP)

PM Ethiopia Serukan Persatuan Global untuk Kalahkan Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 05 April 2020 13:33
Addis Ababa: Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed menyerukan respons terkoordinasi di level global untuk mengalahkan pandemi virus korona (covid-19). Ia menilai covid-19 baru bisa dikalahkan jika semua negara berkoordinasi dan menyatukan kekuatan.
 
"Strategi negara-negara global yang bergerak tanpa koordinasi dirasa kurang optimal dan justru berpotensi kontraproduktif," ucap PM Ahmed, dalam keterangannya di Financial Times, Minggu 5 April 2020.
 
"Sebuah virus yang tidak mengenal perbatasan tidak dapat dikalahkan dengan cara seperti sekarang. Kita bisa saja mengalahkan musuh tak terlihat ini, tapi hanya dengan kepemimpinan global," lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Ahmed khawatir Afrika dapat menjadi benua yang terkena dampak terparah dari pandemi covid-19. Ini dikarenakan sejumlah negara di Afrika tidak memiliki fasilitas kesehatan memadai untuk menangani pandemi covid-19.
 
Sejauh ini, Institut Kesehatan Publik dan Kementerian Kesehatan Federal Ethiopia telah mengonfirmasi 29 kasus covid-19. Dua dari total 29 pasien sudah sembuh, dua masih dirawat di unit perawatan intensif, dan dua lainnya ditransfer ke kampung halaman masing-masing. Sejauh ini tidak ada kematian akibat covid-19 di Ethiopia.
 
Meski jumlah kasus dan kematian akibat covid-19 di Afrika relatif lebih rendah dari benua lain, sejumlah negara tetap bersiaga penuh. Ethiopia di bawah PM Ahmed memfokuskan strateginya terhadap intervensi proaktif untuk menghalau kemungkinan terjadinya penyebaran covid-19.
 
Intervensi proaktif di Ethiopia meliputi alokasi anggaran darurat, karantina wajib selama 14 hari bagi semua pendatang, penutupan sekolah, menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH), dan melarang perkumpulan massa serta acara-acara olahraga.
 
Di benua Afrika, PM Ahmed memegang peranan sentral dari inisiatif penyaluran bantuan gabungan. Ia telah membantu mendistribusikan jutaan peralatan tes covid-19 serta alat pelindung diri bagi staf medis ke sejumlah negara Afrika. Sebagian besar bantuan tersebut berasal dari miliarder Tiongkok, Jack Ma.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif