Sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome, mencegat sejumlah roket yang diluncurkan Hamas dari Jalur Gaza pada 11 Mei 2021. (AFP)
Sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome, mencegat sejumlah roket yang diluncurkan Hamas dari Jalur Gaza pada 11 Mei 2021. (AFP)

Israel Sebut Hamas Telah Luncurkan 1.000 Roket dari Gaza

Internasional Palestina israel palestina Gaza Israel hamas
Marcheilla Ariesta • 12 Mei 2021 16:04
Gaza: Tentara Israel mengklaim bahwa kelompok Hamas di Jalur Gaza telah menembakkan lebih dari seribu roket ke wilayah Israel. Peluncuran roket disebut dilakukan sejak Senin malam hingga Rabu dini hari.
 
Juru bicara militer Israel, Jonathan Concricus, mengatakan bahwa peluncuran roket ke arah Yerusalem oleh Hamas merupakan salah satu faktor yang meningkatkan ketegangan saat ini.
 
"Sejak Senin, 850 roket yang diluncurkan berbagai kelompok bersenjata di Gaza telah mendarat di Israel, atau telah dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel," kata Concricus, dilansir dari AFP, Rabu, 12 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebanyak 200 lainnya mendarat di dalam Gaza," imbuh dia.
 
Concricus mengklaim militer Israel juga berhasil mencegat sejumlah pesawat tanpa awak (drone) yang diluncurkan Hamas pada Rabu pagi waktu setempat.
 
Konflik terbaru dipicu ketegangan antara Palestina dan Israel atas beragam isu dalam beberapa pekan terakhir, termasuk rencana penggusuran sejumlah keluarga di Sheikh Jarrah dan penyerbuan pasukan keamanan di kompleks Masjid Al-Aqsa.
 
Ketegangan kemudian meningkat menjadi aksi saling serang antara Israel dah Hamas yang melibatkan peluncuran roket dan serangan udara. Menurut data terbaru Kementerian Kesehatan Gaza, korban tewas serangan udara Israel telah bertambah menjadi 35 orang dengan 220 lainnya mengalami luka-luka.
 
Sementara di kubu Israel, jumlah korban tewas serangan Hamas mencapai lima orang dengan 45 korban luka. Ini merupakan pertempuran tersengit antara Israel dan Hamas sejak 2014.
 
Kekerasan ini sudah dikecam berbagai pihak termasuk Indonesia. Presiden Joko Widodo bahkan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah atas pelanggaran yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina.
 
"Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina," ucapnya.
 
Baca:  RI Desak DK PBB Ambil Langkah Nyata atas Pelanggaran Israel
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif