Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bertemu delegasi Taliban di Doha, Qatar. (Twitter/@SecPompeo)
Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bertemu delegasi Taliban di Doha, Qatar. (Twitter/@SecPompeo)

Pompeo Puji Berjalannya Dialog Damai Afghanistan dan Taliban

Internasional amerika serikat taliban afghanistan Mike Pompeo
Willy Haryono • 22 November 2020 17:04
Doha: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo bertemu tim negosiator Pemerintah Afghanistan dan juga kelompok militan Taliban di Doha, Qatar pada Sabtu, 21 November. Pertemuan ini merupakan pertanda adanya kemajuan dalam dialog damai yang telah berlangsung sejak September tersebut.
 
Ini merupakan kali pertamanya Pompeo bertemu delegasi Afghanistan dan Taliban sejak AS mengumumkan rencana memangkas jumlah pasukan di Afghanistan dan Irak pada 15 Januari 2021. AS ingin jumlah pasukan di kedua negara tersebut masing-masing hanya 2.500.
 
"Bertemu dengan tim negosiasi Taliban dan Republik Islam Afghanistan di Doha. Saya memuji kedua kubu yang terus bernegosiasi," tulis Pompeo via Twitter, dilansir dari laman Outlook India pada Minggu, 22 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya mendorong diskusi mendalam mengenai peta politik dan gencatan senjata permanen dan komprehensif," sambungnya.
 
Di kubu Taliban, Pompei menemui kepala urusan politik Mullah Baradar. Dalam pertemuan ini Pompeo menyerukan penurunan aksi kekerasan di Afghanistan secara signifikan serta mendorong diskusi yang lebih mendalam mengenai berbagai isu krusial.
 
Selain menemui delegasi Afghanistan dan Taliban, Pompeo juga bertemu Menlu Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. Keduanya membicarakan hubungan bilateral dan isu-isu kawasan.
 
"Kami mengapresiasi dukungan Qatar sebagai tuan rumah negosiasi damai Afghanistan. Teluk yang bersatu merupakan hal krusial dalam melawan pengaruh Iran di kawasan," ungkap Pompeo.
 
AS menandantangani perjanjian damai dengan Taliban pada Februari lalu untuk mengakhiri konflik di Afghanistan. Dialog damai di Doha merupakan kelanjutan dari perjanjian tersebut.
 
Kendati negosiasi terus berjalan di Doha, rangkaian aksi kekerasan belum juga terhenti di Afghanistan. Kunjungan Pompeo ke Qatar terjadi di hari yang sama adanya serangan roket yang mengenai area padat penduduk di Kabul. Serangan tersebut menewaskan setidaknya delapan orang.
 
Baca:   Rangkaian Ledakan Terdengar di Kabul, Ulah Taliban?
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif