Vaksin covid-19 buatan Sinovac. (AFP)
Vaksin covid-19 buatan Sinovac. (AFP)

Tiongkok Prioritaskan Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Benua Afrika

Internasional Tiongkok vaksin covid-19 Xi Jinping Vaksinasi covid-19
Willy Haryono • 08 Desember 2021 20:04
Freetown: Tiongkok mulai memprioritaskan pengiriman vaksin Covid-19 ke negara-negara di benua Afrika. Pengalihan prioritas dilakukan dalam upaya mempercepat janji Tiongkok dalam menyalurkan 1 miliar dosis vaksin Covid-19 ke Afrika.
 
Diplomat senior Tiongkok, Yang Jiechi, mengatakan bahwa pasokan dan transportasi vaksin ke benua Afrika akan disiapkan secepat mungkin.
 
"Menutup kesenjangan vaksinasi dan mengatasi ketimpangan distribusi vaksin adalah prioritas utama," kata Yang kepada kantor berita Xinhua di Sierra Leone dan dikutip oleh South China Morning Post, Rabu, 8 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang sudah dua kali mengunjungi benua Afrika tahun ini. Kunjungan terbaru Yang ke Freetown, Sierra Leone, disebut sebagai bentuk keseriusan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam menyalurkan 1 miliar vaksin Covid-19 ke Afrika.
 
Tekad Xi untuk memenuhi janji tersebut sempat disampaikan dalam Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika (FOCAC) di Dakar pekan kemarin.
 
Pemerintah Tiongkok juga mengatakan tengah berencana menjalankan 10 proyek medis dan bantuan kesehatan untuk negara-negara Afrika. Beijing juga akan mengirim 1.500 tenaga medis dan pakar kesehatan ke benua tersebut, serta mempercepat pembangunan rumah sakit persahabatan Tiongkokp-Afrika.
 
Vaksin yang akan dikirim ke Afrika meliputi 600 juta dalam bentuk donasi, sementara sisanya akan dihadirkan dalam skema produksi gabungan antara perusahaan Tiongkok dan Afrika.
 
Baca:  Tiongkok Janjikan Tambahan 1 Miliar Vaksin Covid-19 untuk Benua Afrika
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif