Pusat isolasi pasien covid-19 di Gaza dengan kapasitas 5.000 orang. Foto: CGTN
Pusat isolasi pasien covid-19 di Gaza dengan kapasitas 5.000 orang. Foto: CGTN

Bantuan Medis Tiongkok Akan Perkuat Palestina Melawan Covid-19

Internasional palestina Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 08 April 2020 15:06
Gaza: Wilayah Palestina sangat membutuhkan pasokan medis dan bantuan perawatan kesehatan untuk menghadapi pandemi covid-19. Situasi ini sangat kritis di Jalur Gaza, yang telah ditutup dan diblokir oleh Israel selama lebih dari satu dekade.
 
Perdana Menteri Palestina Mohammed Ishtaye baru-baru ini mengumumkan bahwa Tiongkok akan mengirimkan bantuan medis darurat ke Palestina dan Yordania dalam beberapa hari untuk memperkuat layanan kesehatan bagi pasien Palestina.
 
"Negara kami sedang menunggu kedatangan bantuan medis dari Tiongkok untuk mengatasi kekurangan yang dihadapi Palestina. Bantuan itu termasuk dalam upaya melawan virus korona seperti, alat uji dan respirator," kata Ishtaye saat konferensi pers, seperti dikutip CGTN, Rabu, 8 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Palestina khawatir wabah itu dapat menyebar dengan cepat dan membanjiri sistem kesehatan yang sudah tidak stabil di Tepi Barat dan Jalur Gaza. 388 kasus covid-19 telah dilaporkan sejak awal Maret.
 
Di Jalur Gaza, Dr. Ashraf al-Qadra, juru bicara Kementerian Kesehatan yang dikelola Hamas, mengatakan, "Jumlah alat uji laboratorium untuk mendeteksi virus korona telah sepenuhnya digunakan di Jalur Gaza. Ini memperlihatkan sistem kesehatan untuk krisis yang parah, (sehingga) tidak dapat menyediakan layanan diagnostik medis untuk pasien potensial.”
 
Meskipun kapasitas otoritas penguasa terbatas, Kementerian Kesehatan Palestina telah mulai membangun dua pusat isolasi medis di Jalur Gaza utara dan selatan, dengan kapasitas 1.000 orang. Fasilitas itu bentuknya yang sangat sederhana, karena pekerja di sana terus bekerja siang dan malam berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan ruang isolasi medis.
 
“Dilema utama yang dihadapi Palestina adalah ketidakmampuan untuk menyediakan pusat medis dengan peralatan medis setelah dibangun. Kemampuan itu akan diselesaikan dengan paket bantuan medis yang diberikan oleh Tiongkok,” kata Wakil Menteri Kesehatan di Jalur Gaza Dr. Yousef Abu Al-Rish.
 
"Sebuah laboratorium medis Tiongkok canggih, sesuai dengan standar internasional, akan datang ke Gaza. Seluruh peralatan laboratorium akan memasuki Gaza pada 16 April," ungkap Dr. Abu Al-Rish.
 
Dr Al-Rish memuji peran positif yang dimainkan oleh Tiongkok dalam upaya melawan covid-19 oleh Palestina di masa-masa kritis ini. Perangkat medis yang disediakan oleh Tiongkok akan meningkatkan kapasitas sektor kesehatan Palestina.
 
Kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di wilayah Palestina telah mengkonfirmasi bahwa infrastruktur kesehatan di jalur Gaza pantai tidak akan dapat menangani ratusan atau ribuan kasus covid-19 karena rumah sakit di Gaza kekurangan obat-obatan dan peralatan medis yang memadai dan sering mengandalkan cadangan generator untuk mempertahankan catu daya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif