NEWSTICKER
Pesawat maskapai Turkish Airlines. (Foto: AFP)
Pesawat maskapai Turkish Airlines. (Foto: AFP)

RI Pastikan Pemulangan Jemaah Umrah via Turki Aman

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Marcheilla Ariesta • 29 Februari 2020 07:33
Ankara: Pemerintah memastikan ratusan jemaah umrah asal Indonesia yang melalui Turki pulang dengan selamat dan aman. Mereka dipulangkan karena kebijakan pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara masuknya para peziarah asing sebagai upaya mencegah penyebaran virus korona COVID-19.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dilaporkan meminta pihak KBRI Ankara untuk terus berkoordinasi dengan maskapai yang akan memulangkan WNI. "Menteri luar negeri terus memantau penanganan WNI jamaah umrah di berbagai airport di Timur Tengah, termasuk Turki," ujar Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, dalam pernyataan yang diterima Medcom.id, Sabtu 29 Februari 2020.
 
"Segera setelah Pemerintah Saudi umumkan kebijakannya, sesuai arahan Menlu kami langsung berkoordinasi dengan Turkish Airlines," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iqbal mengatakan, pada Kamis malam sebanyak 74 WNI telah dipulangkan dari Istanbul. Sementara Jumat kemarin, 93 orang telah dipulangkan dan hari ini 120 jemaah.
 
"Seluruhnya dengan Turkish Airlines yang menuju Jakarta, Denpasar maupun Singapura. Semua akan dipulangkan ke daerah asal tanpa dikenai biaya tambahan apapun dan pada saat situasi sudah dimungkinkan, mereka akan diterbangkan untuk umrah tanpa dikenai biaya tambahan," imbul Iqbal.
 
Berdasarkan data KBRI Ankara, terdapat 310 WNI jemaah umrah di Istanbul dan 910 orang di Arab Saudi yang terbang menggunakan Turkish Airlines. Dengan 287 yang sudah berhasil dipulangkan hingga besok, masih ada sekitar 933 yang akan dipulangkan secara bertahap di hari-hari selanjutnya.
 
Sebagian sudah menjalankan umrah dan akan melanjutkan perjalanan wisata di Turki sebelum kembali ke Indonesia.
 
Sementara itu, Iqbal berjanji KJRI Istanbul akan terus memberikan pendampingan, khususnya saat proses di bandara maupun selama berada di Istanbul dan sekitarnya.
 
Arab Saudi mengumumkan penghentian sementara kunjungan para peziarah ke Masjid Nabawi sebagai tindakan pencegahan proaktif dalam mengekang penyebaran wabah COVID-19. Saudi juga untuk sementara menangguhkan masuknya pengunjung dari negara-negara terdampak COVID-19 yang pergi dengan visa turis.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif