Mobil Fakhrizadeh diserang sekelompok orang di kota Absard, Damavand, Iran pada 27 November 2020. (AFP/Khamenei.IR/Irib News Agency)
Mobil Fakhrizadeh diserang sekelompok orang di kota Absard, Damavand, Iran pada 27 November 2020. (AFP/Khamenei.IR/Irib News Agency)

Iran Janjikan PM Israel Respons Keras atas Kematian Fakhrizadeh

Internasional nuklir iran iran israel
Willy Haryono • 29 November 2020 19:03
Teheran: Seorang anggota Dewan Kebijaksanaan Iran mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu harus siap mendapatkan respons keras dari Teheran atas pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh. Iran menuduh Israel sebagai dalang di balik kematian ilmuwan tersebut.
 
Hojjatoleslam Gholamreza Mesbahi Moghadham melontarkan ancaman kepada Netanyahu dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Mehr News Agency pada Minggu, 29 November 2020. Ia menegaskan bahwa kematian Fakhrizadeh tidak menghambat program misil dan nuklir Iran.
 
Baca:  Presiden Iran: Kematian Fakhrizadeh Tak akan Hentikan Program Nuklir

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meski Republik Islam Iran telah kehilangan ilmuwan nuklir terbaiknya, mitra-mitra beliau masih dapat melanjutkan pekerjaan di bidang ini," ungkap Moghadam.
 
"Pembunuhan terhadap Fakhrizadeh akan dibayar mahal oleh Zionis, dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu harus menanti hukuman keras dari Iran atas serangan teroris ini," lanjutnya.
 
Fakhrizadeh menjadi target dalam serangan yang melibatkan setidaknya satu bahan peledak pada Jumat kemarin. Ia diserang sekelompok orang di kota Absard, Damavand.
 
Menurut laporan Kantor Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan Iran, Fakhrizadeh langsung dilarikan ke rumah sakit usai serangan, namun meninggal dunia akibat luka yang terlampau parh.
 
Sejumlah orang yang melindungi Fakhrizadeh dan beberapa ilmuwan lainnya juga terluka dalam serangan tersebut. Fakhrizadeh merupakan ketua dari Organisasi Inovasi dan Riset Defensif Iran (SPND).
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif