Kapal tanker terlihat di kejauhan di perairan Teluk Oman, 15 Juni 2019. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Kapal tanker terlihat di kejauhan di perairan Teluk Oman, 15 Juni 2019. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Serangan terhadap Tanker di Perairan Oman Tewaskan 2 Orang

Internasional Kapal Tanker Iran Israel Oman
Willy Haryono • 31 Juli 2021 13:37
Dubai: Seorang petugas keamanan maritim Inggris dan satu kru asal Romania tewas dalam serangan pesawat nirawak (drone) terhadap sebuah kapal tanker di perairan dekat Oman. Ini merupakan kesekian kalinya kapal dagang mengalami serangan di salah satu rute perdagangan terpenting di dunia.
 
Kapal tanker bernama Mercer Street, yang terkait dengan miliarder asal Israel Eyal Ofer, diserang pada Jumat pagi di Samudra Hindia bagian utara. Kabar disampaikan Zodiac Maritime, perusahaan berbasis di Inggris yang mengoperasikan Mercer Street.
 
Dua kematian ini menandai eskalasi signifikan risiko kapal-kapal dagang yang melintasi perairan Oman. Dalam beberapa bulan terakhir, terjadi serangkaian serangan terhadap kapal dagang yang diduga terkait dengan perseteruan antara Israel dan Iran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anggota tim kami terbunuh secara tragis dalam sebuah insiden keamanan," ucap Ambre, penyedia jasa petugas keamanan maritim terbesar di dunia, dilansir dari laman Financial Times, Sabtu, 31 Juli 2021.
 
Tiga orang terkait insiden di perairan Oman meyakini serangan yang mengenai Mercer Street berasal dari sebuah drone. Namun ketiganya menekankan masih menanti konfirmasi resmi dari otoritas terkait.
 
Baca:  Kapal Barang Israel Dilaporkan Diserang di Lepas Pantai Oman
 
Seorang pejabat dari Amerika Serikat mengatakan kepada Financial Times bahwa kapal Mercer Street kemungkinan telah diserang oleh sebuah drone berbahan peledak. Drone tipe UAV semacam itu dirancang untuk menabrak sasaran dengan bahan peledak.
 
Ia menyebut ada "beberapa indikasi" bahwa drone tersebut berasal dari Iran. 
 
Mercer Street diketahui sering berlayar antara Afrika timur dan Fujairah, Uni Emirat Arab, dalam beberapa bulan terakhir. Serangan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan terkait negoiasi antara Iran dan beberapa kekuatan global terkait program nuklir Teheran.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif