Sebuah gereja di Yerusalem. Foto: ANA
Sebuah gereja di Yerusalem. Foto: ANA

Putin Desak Israel Serahkan Kendali Atas Gereja Ortodoks di Yerusalem

Internasional Vladimir Putin rusia Israel
Medcom • 26 April 2022 11:56
Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim surat kepada Perdana Menteri Israel Naftali Bennett agar memberikan kendali bagi Moskow. Gereja Santo Alexander Nevsky  ini berada di kawasan Kristen Yerusalem Timur. 
 
Sumber Israel mengatakan tengah menangani masalah ini tanpa menjelaskan lebih lanjut, sebagaimana dilaporkan Haaretz.
 
Sergei Stepashin, mantan perdana menteri Rusia, pada Jumat, 22 April 2022 menyebut Putin akan mengirim surat tersebut, dengan menambahkan, “Moskow telah berusaha selama lima tahun terakhir agar kawasan itu dipindahkan ke bawah kendalinya.”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Haaretz, Stepashin adalah ketua Imperial Ortodoks Masyarakat Palestina, yang mengurus situs-situs suci Rusia di Israel.
 
“Kami berjuang untuk kembalinya (Gereja) Santo Alexander Nevsky, dan ini benar-benar sulit,” katanya dikutip media Rusia, Interfax, seperti dikutip Middle East Monitor, Selasa 26 2022.
 
"Sebuah situasi muncul dengan Ukraina, dan Israel bertindak seperti perkiraan: Mencoba menyenangkan semua orang di mana-mana," tambahnya.
 
Seorang analis Rusia memandang bahwa Israel waspada terkait penyerahan properti tersebut ketika Rusia tengah dijatuhkan sanksi oleh Barat karena invasinya terhadap Ukraina.
 

Mantan perdana menteri Israel Benjamin Netanyahu menyetujui untuk menyerahkan Alexander's Courtyard kepada Rusia tahun 2020. Langkah ini dianggap sebagai itikad baik menyusul pembebasan Naama Issachar, seorang warga Israel yang ditangkap pada 2019 setelah polisi menemukan sembilan gram ganja dalam tasnya di bandara Moskow.
 
Alexander’s Courtyard, yang turut mencakup Gereja Santo Alexander Nevsky, berada di dekat Gereja Makam Kudus. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif