Sheikha Latifa, putri dari penguasa Dubai dalam foto liburan. Foto: AFP
Sheikha Latifa, putri dari penguasa Dubai dalam foto liburan. Foto: AFP

Lepas dari Kekangan, Kini Putri Dubai Sudah Bebas Bepergian

Internasional uni emirat arab Dubai Sheikha Latifa binti Mohammed al-Maktoum
Fajar Nugraha • 24 Juni 2021 17:04
Dubai: Sheikha Latifa, putri dari penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum mengatakan, dirinya bebas bepergian. Sebelumnya Putri Latifa mengundang perhatian internasional setelah mengumukan disandera di sebuah istana di Uni Emirat Arab (UEA).
 
Pada Februari, kantor hak asasi manusia PBB meminta jaminan bahwa Sheikha Latifa, putri penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum masih hidup setelah rekaman siaran BBC di mana dia mengatakan mengkhawatirkan keselamatannya.
 
Baca: Dikabarkan Melarikan Diri, Putri Dubai Kedapatan ‘Berlibur’ di Spanyol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Foto Latifa yang tampaknya bersama seorang pendamping di bandara muncul di media sosial minggu ini meningkatkan prospek bahwa dia dapat bepergian dengan bebas.
 
“Saya baru-baru ini mengunjungi tiga negara Eropa untuk berlibur bersama teman saya," kata Sheikha Latifa dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh firma hukum Taylor Wessing, seperti dikutip AFP, Kamis 24 Juni 2021.
 
"Saya memintanya untuk memposting beberapa foto online untuk membuktikan kepada juru kampanye bahwa saya dapat bepergian ke mana pun saya inginkan. Saya berharap sekarang saya dapat menjalani hidup saya dengan damai tanpa pengawasan media lebih lanjut. Dan saya berterima kasih kepada semua orang atas harapan baik mereka,” lanjut Shikha Latifa.
 
Sheikh Mohammed adalah wakil presiden dan perdana menteri Uni Emirat Arab, di mana Dubai adalah salah satu dari tujuh anggotanya.
 
Putrinya yang berusia 35 tahun melakukan upaya yang gagal untuk melarikan diri dari negara itu pada Maret 2018. Dia melarikan diri dengan perahu dengan bantuan teman-temannya sebelum diseret kembali dan sejak saat itu tidak pernah terlihat di depan umum.
 
AFP tidak dapat memverifikasi gambar terbarunya atau kapan diambil. Foto itu diterbitkan pada hari Senin di akun milik seorang wanita yang telah diidentifikasi oleh media Inggris sebagai Sioned Taylor, mantan anggota Angkatan Laut Kerajaan.
 
Foto menunjukkan dua wanita berdiri berdampingan, mengenakan topeng, di depan pesawat dan gedung terminal bandara. Sebuah keterangan foto berbunyi: "Liburan Eropa yang luar biasa bersama Latifa. Kami bersenang-senang menjelajah!"
 
Di bagian komentar, pengelola akun menanggapi "terlihat dengan baik" untuk pertanyaan apakah gambar itu diambil di Bandara Barajas Madrid.
 
Otoritas Dubai tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari mereka
 
Sebuah kelompok yang berbasis di London yang telah mengkampanyekan kebebasannya mengatakan rilis foto-foto itu menggembirakan.
 
Dalam salah satu klip yang dirilis oleh BBC yang memicu protes, Sheikha Latifa Latifa mengatakan: "Saya seorang sandera dan vila ini telah diubah menjadi penjara."
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif