Rumah warga Palestina digusur di Sheikh Jarrah oleh Israel./AFP
Rumah warga Palestina digusur di Sheikh Jarrah oleh Israel./AFP

Indonesia Kecam Penggusuran Paksa Warga Palestina di Sheikh Jarrah

Internasional Palestina israel palestina Israel indonesia-palestina
Marcheilla Ariesta • 20 Januari 2022 18:24
Jakarta: Indonesia mengecam penggusuran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah oleh Israel. Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah mengatakan, pemindahan paksa ini tidak dibenarkan dalam konteks hukum internasional dan hak asasi manusia.
 
"Ini sesuatu hal yang kita kecam karena merupakan pelanggaran atas kesepakatan internasional selama ini di wilayah pendudukan," kata Faizasyah dalam pengarahan media di Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022.
 
Ia menegaskan warga Palestina memiliki hak untuk tetap tinggal di wilayah yang menjadi tempat mereka berdiam selama ini. Selain itu, wilayah tersebut menjadi status quo yang tidak bisa diubah situasi di lapangannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Polisi Israel Mundur dari Upaya Pengusiran Warga Palestina di Sheikh Jarrah
 
"Realitas di lapangan tentunya harus bisa dipertahankan dengan merujuk berbagai resolusi PBB dan hukum internasional, dan juga posisi pemerintah tidak berubah terkait ini," tegasnya.
 
Pada Rabu kemarin, polisi Israel mengusir warga Palestina dari kediaman di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur. Sengketa kawasan ini memicu perang 10 hari antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza pada Mei 2021 lalu.
 
Penggusuran yang terjadi pada Rabu subuh digelar dua hari setelah beberapa keluarga Palestina di Sheikh Jarrah mengancam akan membakar rumah-rumah mereka, karena tak rela menyerahkannya kepada Israel.
 
Dalam penggusuran tersebut, turut ditangkap beberapa warga Palestina termasuk lima orang yang berasal dari satu keluarg. Saksi mengatakan polisi Israel setidaknya menahan 25 orang dari Sheikh Jarrah dalam penggusuran itu.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif