Pemandangan salah satu sudut kota Jeddah, Arab Saudi. (Foto: AFP/Karim Sahib)
Pemandangan salah satu sudut kota Jeddah, Arab Saudi. (Foto: AFP/Karim Sahib)

Saudi Terapkan Larangan Bepergian 24 Jam di Jeddah

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 05 April 2020 11:31
Jeddah: Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan larangan keluar rumah dan bepergian selama 24 jam atau seharian penuh bagi warga yang tinggal di tujuh distrik kota Jeddah. Ketujuh distrik itu adalah Kilo 14 Janubiyah, Kilo 14 Syamilah, Al-Mahjar, Ghulail, Al-Qurayat, Kilo 13, dan Petromin.
 
Keputusan berlaku mulai Sabtu 4 April pukul 15:00 waktu setempat sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Langkah ini diambil untuk menekan penyebaran dan penularan virus korona (covid-19).
 
Warga diperbolehkan keluar rumah hanya untuk keperluan mendesak, seperti berbelanja kebutuhan pokok dan berobat. Itu pun harus dilakukan di kawasan yang telah disebutkan di atas, dari pukul 06:00 hingga 15:00.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyusul pemberlakuan larangan bepergian selama 24 jam di Jeddah, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah mengimbau masyarakat untuk mematuhi keputusan tersebut, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"WNI harus selalu waspada terhadap penularan virus mematikan ini, antara lain, dengan mengenakan masker saat keluar rumah; menjaga jarak dengan orang sekitar; sering mencuci tangan dengan air yang mengalir," kata pihak KJRI Jeddah melalui laman media sosial.
 
"Gunakan cairan disinfektan atau sabun, menutup mulut saat batuk dan bersin, menghindari kebiasaan menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut," pungkasnya.
 
Hingga Minggu 5 April 2020, Universitas Johns Hopkins mencatat total kasus covid-19 di Saudi mencapai 2.179 dengan 29 kematian dan 420 pasien sembuh.
 
Sementara di negara tetangganya, Uni Emirat Arab, total kasus mencapai 1.505 dengan 10 kematian dan 125 pasien sembuh. Khusus untuk kota Dubai, otoritas setempat telah memberlakukan kebijakan penutupan wilayah atau lockdown hingga dua pekan ke depan.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif