Sekelompok demonstran membakar bendera AS dan Israel di Teheran, Iran pada 28 November 2020. (Atta Kenare/AFP)
Sekelompok demonstran membakar bendera AS dan Israel di Teheran, Iran pada 28 November 2020. (Atta Kenare/AFP)

Pembunuhan Fakhrizadeh, Warga Iran Bakar Bendera AS dan Israel

Internasional amerika serikat nuklir iran iran israel joe biden
Willy Haryono • 29 November 2020 15:35
Teheran: Gelombang kemarahan atas pembunuhan terhadap Mohsen Fakhrizadeh, seorang ilmuwan ternama di bidang nuklir, masih melanda Iran. Fakhrizadeh adalah kepala pusat inovasi di Kementerian Pertahanan Iran, yang tewas dibunuh di dalam kendaraannya di kota Absard pada Jumat kemarin.
 
Merespons kematian Fakhrizadeh, sekelompok warga Iran yang tergabung dalam Basij, unit paramiliter dari Garda Revolusioner Iran, membakar bendera Amerika Serikat dan juga Israel di Teheran. Mereka menuduh Israel sebagai dalang di balik kematian Fakhrizadeh.
 
AS juga menjadi sasaran kemarahan karena merupakan sekutu dekat Israel. Warga membakar foto Presiden AS Donald Trump, dan bahkan Joe Biden yang baru akan menjadi kepala negara pada Januari tahun depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain di Teheran, aksi mengecam kematian Fakhrizadeh juga berlangsung di kota Mashhad dan Qom. Video dari Agensi Berita Mahasiswa Iran (ISNA) memperlihatkan sekelompok demonstran membakar bendera AS dan Israel.
 
Pada Jumat malam, demonstrasi berskala kecil berlangsung di luar kediaman Presiden Iran Hassan Rouhani. Para pengunjuk rasa berteriak ke arah rumah Rouhani, meminta presiden untuk tidak bekerja sama dengan pemerintahan baru AS tahun depan.
 
Sebagian pengunjuk rasa menilai Rouhani belum berbuat banyak dalam merespons kematian Fakhrizadeh. Mereka menilai Rouhani terindikasi hendak menjalin semacam hubungan dengan AS saat Biden sudah menjadi presiden.
 
"Pak Presiden, mereka membunuh penasihat menteri Anda. Hentikan negosiasi," teriak sekelompok pedemo.
 
Baca:  Iran Bersumpah akan Balas Kematian Ilmuwan Nuklir Mereka

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif