Warga menggunakan sekop untuk membersihkan material lumpur di tengah musibah banjir di Charikar, Afghanistan pada 27 Agustus 2020. (WAKIL KOHSAR / AFP)
Warga menggunakan sekop untuk membersihkan material lumpur di tengah musibah banjir di Charikar, Afghanistan pada 27 Agustus 2020. (WAKIL KOHSAR / AFP)

Banjir di 9 Provinsi Afghanistan Tewaskan 37 Orang

Internasional hujan banjir afghanistan Bencana Banjir
Willy Haryono • 05 Mei 2021 08:42
Herat: Hujan deras yang memicu banjir di sembilan provinsi Afghanistan dalam beberapa hari terakhir telah menewaskan setidaknya 37 orang, termasuk sejumlah anak-anak. Banjir yang diperparah longsoran lumpur sering mengancam area-area terpencil di Afghanista, terutama selama musim semi dan panas.
 
Dalam banjir di Herat pada hari Minggu lalu, setidaknya 24 orang dilaporkan tewas menurut keterangan dari juru bicara pemerintah provinsi Jailani Farhad.
 
"Sepuluh orang, termasuk enam anak, tewas dalam banjir yang mengalir dari area pegunungan," kata Gubernur Ghor Barat, Abdul Tahir Faizzada.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebanyak 163 rumah rusak akibat banjir, dan 910 warga membutuhkan pertolongan darurat," sambungnya, dikutip dari laman India Today pada Rabu, 5 Mei 2021.
 
Jubir Kementerian Penanggulangan Bencana Afghanistan, Tamim Azimi, melaporkan bahwa lebih dari 405 keluarga di sejumlah provinsi telah kehilangan tempat tinggal. Ia mengatakan, banjir di beberapa titik berasal dari luapan air sungai.
 
Di provinsi Samangan, Azimi mencatat ada tiga korban tewas dan 10 kendaraan warga yang terjebak banjir dan material lumpur.
 
Agustus tahun lalu, setidaknya 70 orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam musibah banjir bandang di provinsi Parwan, Afghanistan. Banjir menghantam kota Charikar pada Rabu pagi saat orang-orang masih tertidur.
 
Waheeda Shakar, jubir pemerintah provinsi Parwan, mengatakan bahwa sebagian besar korban tewas adalah wanita dan anak-anak. Di bulan yang sama, sebanyak 16 orang -- sebagian besar anak-anak -- tewas dalam banjir bandang di provinsi Nangarhar.
 
Baca:  70 Orang Tewas dalam Banjir Bandang di Afghanistan

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif