Foto udara memperlihatkan Kakbah dan Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. (Foto: AFP)
Foto udara memperlihatkan Kakbah dan Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi. (Foto: AFP)

Ibadah Umrah di Arab Saudi Dilanjutkan Kembali Hari Ini

Internasional ibadah umrah Virus Korona arab saudi
Willy Haryono • 04 Oktober 2020 15:03
Riyadh: Otoritas Arab Arab resmi membuka kembali situs-situs suci untuk pelaksanaan ibadah Umrah mulai hari ini, Minggu 4 Oktober 2020. Sebelumnya, Umrah sempat dilarang selama enam bulan usai munculnya pandemi virus korona (covid-19).
 
"Dengan tetap mematuji protokol kesehatan, gelombang pertama jemaah Umrah tiba pada Minggu," tulis keterangan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di Twitter, dikutip dari laman Anadolu Agency.
 
Tanpa memaparkan detail lebih lanjut, pihak kementerian mengunggah sejumlah foto jemaah yang memasuki area Masjid Agung di Makkah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga lokal dan warga asing yang sudah berada di Arab Saudi diizinkan melakukan Umrah. Namun kapasitas Masjid Agung di Makkah hanya boleh diisi maksimal 30 persen atau 6.000 orang per hari.
 
Sebelumnya, kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa barikade di sekitar Kakbah dan batu Hajar Aswad akan tetap dipasang. Jemaah Umrah dilarang memegang atau bahkan sekadar mendekati Kakbah, yang merupakan bagian dari kebijakan pembatasan covid-19.
 
Masjidil Haram, tempat Kakbah berdiri, akan disemprot disinfektan sebanyak 10 kali dalam sehari. Otoritas Saudi telah menyiapkan ruangan karantina untuk mengantisipasi adanya jemaah Umrah yang memperlihatkan gejala-gejala covid-19.
 
Pekan kemarin, Arab Saudi mengumumkan rencana mencabut pembatasan perjalanan secara berkala bagi ibadah Umrah.
 
SPA mengaakan, jemaah lokal dan internasional yang datang untuk Umrah akan mulai diterima pada 1 November mendatang. Sementara Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka dalam kapasitas penuh, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.
 
Karena pandemi, ibadah Haji tahun ini dibatasi hanya bagi mereka yang tinggal di Arab Saudi. Seluruh jemaah dari luar Arab Saudi ditolak masuk demi meredam penyebaran covid-19.
 
Baca: Indonesia Masih Tunggu Izin Umrah dari Saudi
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif