Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz membidik Iran di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: AFP
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz membidik Iran di Sidang Majelis Umum PBB. Foto: AFP

Raja Salman Serang Iran di Sidang PBB

Internasional iran raja salman Sidang Majelis Umum PBB 2020
Fajar Nugraha • 24 September 2020 16:26
New York: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz membidik Iran pada pertemuan tahunan para pemimpin dunia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Raja Salman menyerukan front persatuan untuk menahan saingannya dan menghentikannya mendapatkan senjata pemusnah massal
 
“Iran mengeksploitasi kesepakatan nuklir 2015 dengan kekuatan dunia untuk mengintensifkan aktivitas ekspansionisnya, menciptakan jaringan terorisnya, dan menggunakan terorisme,” ucap Raja Salman.
 
“Bahwa ini tidak menghasilkan apa-apa selain kekacauan, ekstremisme, dan sektarianisme. Sebuah solusi komprehensif dan posisi internasional yang tegas diperlukan,” tegas Raja Arab Saudi, kepada 193 anggota Sidang Majelis Umum PBB, seperti dikutip AFP, Kamis 24 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amerika Serikat, sekutu kuat Arab Saudi, keluar dari pakta nuklir Iran pada 2018 dan Presiden Donald Trump menyebutnya sebagai kesepakatan terburuk yang pernah ada. Washington sejak itu memberlakukan sanksi sepihak terhadap Teheran dan menegaskan bahwa semua negara juga harus mengembalikan sanksi PBB untuk mencoba mendorong Iran merundingkan kesepakatan baru.
 
Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan kepada badan dunia pada Selasa bahwa kampanye sanksi Washington terhadap Iran telah gagal.
 
Semua pihak yang tersisa dalam kesepakatan nuklir, termasuk sekutu lama AS, dan 13 dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB mengatakan klaim AS atas sanksi PBB tidak berlaku. Para diplomat mengatakan hanya sedikit negara yang kemungkinan akan memberlakukan kembali tindakan tersebut.
 
“Pengalaman dengan pemerintah Iran telah mengajarkan kami bahwa solusi parsial dan ketenangan tidak menghentikan ancamannya terhadap perdamaian dan keamanan internasional,” sebut Raja Salman.
 
Halaman Selanjutnya
Hapus Hizbullah Juru bicara…
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif