Demonstran bentrok dengan polisi dalam aksi unjuk rasa di Lebanon, Sabtu 8 Agustus 2020. (Foto: AFP)
Demonstran bentrok dengan polisi dalam aksi unjuk rasa di Lebanon, Sabtu 8 Agustus 2020. (Foto: AFP)

Empat Anggota Parlemen Lebanon Mundur di Tengah Demo

Internasional Ledakan Lebanon
Willy Haryono • 09 Agustus 2020 18:07
Beirut: Empat anggota parlemen Lebanon mengundurkan diri di tengah aksi demo warga yang marah atas ledakan besar di pelabuhan Beirut pada Selasa kemarin. Tiga anggota parlemen berasal dari Partai Kataeb, dan satunya lagi independen.
 
"Kami dan beberapa anggota parlemen lainnya tidak akan lagi menjadi elite (politik)," kata Nadee Gemayel usai mengundurkan diri, dilansir dari laman Yeni Safak, Minggu 9 Agustus 2020.
 
Berbicara dalam prosesi pemakaman Sekretaris Jenderal Partai Kataeb Nizar Najarian, Gemayel mengatakan ledakan Beirut akan membuka jalan menuju "lahirnya era baru di Lebanon." Partai tersebut hanya memiliki tiga kursi di parlemen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, anggota parlemen Paula Yacoubian juga mengundurkan diri. Ia menyerukan kepada para anggota parlemen lainnya untuk melakukan langkah serupa.
 
"Oposisi dari dalam sudah tidak lagi berguna," tulis Yacoubian di Twitter.
 
Sebelumnya pada pekan ini, anggota parlemen bernama Marwan Hamadem dari partai Perkumpulan Demokratik Lebanon memilih mengundurkan diri. Ia melakukannya sebagai bentuk protes atas ledakan di Beirut.
 
Sedikitnya 154 hingga 158 orang tewas dan 7.000 lainnya terluka dalam ledakan di area pelabuhan Beirut. Ledakan tersebut berasal dari 2.750 amonium nitrat yang tersimpan di gudang pelabuhan selama enam tahun.
 
Pemerintah Lebanon telah mengumumkan formasi komite investigasi untuk menyelidiki tragedi tersebut. Sementara Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab mewacanakan pemilihan umum secara dini untuk mengatasi krisis saat ini.
 
(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif