Putri Basmah Binti Saud bin Abdulaziz Al Saud. (AFP)
Putri Basmah Binti Saud bin Abdulaziz Al Saud. (AFP)

Putri Arab Saudi dan Anaknya Dibebaskan Usai 3 Tahun Ditahan

Internasional arab saudi Putri Basmah Binti Saud bin Abdulaziz Al Saud
Willy Haryono • 09 Januari 2022 13:29
Riyadh: Kerajaan Arab Saudi membebaskan seorang putri dan anak perempuannya yang ditahan tanpa dakwaan apapun selama hampir tiga tahun. Kabar disampaikan penasihat hukum sang putri pada Sabtu, 8 Januari.
 
Putri Basmah Binti Saud bin Abdulaziz Al Saud, 57, adalah seorang pebisnis, aktivis hak asasi manusia dan bagian dari keluaga kerajaan. Ia menghilang dari sorotan publik pada Maret 2019 bersama anak perempuannya, Souhoud Al Sharif.
 
"Kedua perempuan sudah dibebaskan dari penahanan, dan sudah tiba di rumah mereka di Jeddah pada Kamis kemarin, tanggal 6 Januari 2022," ucap penasihat hukumnya, Henri Estramant.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kondisi putri baik-baik saja, namun ia akan mencari nasihat pakar medis," sambung dia, dilansir dari India Today, Minggu, 9 Januari 2022.
 
"Beliau kelihatannya kelelahan, namun semangatnya tetap tinggi, mungkin karena telah dipertemukan kembali dengan anaknya," ungkap Estramant.
 
Media kerajaan Saudi belum membalas permintaan komentar dari sejumlah kantor berita. Selama ini, pihak kerajaan tidak pernah berkomentar secara publik terkait penahanan Putri Basmah.
 
Pada 2020, Putri Basmah mengatakan via media sosial bahwa dirinya ditahan di Riyadh selama lebih dari satu tahun. Ia juga mengatakan bahwa dirinya mengalami sakit tanpa mengelaborasi lebih lanjut.
 
Anak termuda dari Raja Saud, Putri Basmah dikenal sebagai tokoh vokal terkait perlakuan kerajaan terhadap perempuan. Saat ditahan, ia tengah berencana pergi ke luar negeri untuk menjalani perawatan medis.
 
Setelah ditahan otoritas Saudi, seorang kerabat dekat sang putri mengatakan bahwa Putri Basmah dituduh berusaha membuat sebuah paspor palsu.
 
Tuduhan itu ditarik otoritas Saudi, namun Putri Basmah tetap ditahan bersama anak perempuannya. Dalam tulisan lain di media sosial, Putri Basmah mengaku ditahan di penjara Al-Ha'ir.
 
Baca:  Arab Saudi Tahan Tiga Anggota Keluarga Kerajaan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif