Warga Israel tumpah ruah ke jalan Tel Aviv merayakan lengsernya Benjamin Netanyahu. Foto: AFP
Warga Israel tumpah ruah ke jalan Tel Aviv merayakan lengsernya Benjamin Netanyahu. Foto: AFP

Ribuan Warga Israel Turun ke Jalan Rayakan Lengsernya Benjamin Netanyahu

Internasional Israel pemilu israel Benjamin Netanyahu Naftali Bennett
Fajar Nugraha • 14 Juni 2021 12:52
Tel Aviv: Parlemen Israel pada Minggu untuk memberikan suara pada kepercayaan pemerintah koalisi baru. Yair Lapid, pemimpin partai oposisi terbesar Israel, Yesh Atid, telah berhasil membentuk pemerintahan yang telah mengangkat Naftali Bennett, sebagai Perdana Menteri Israel.
 
Pemimpin partai sayap kanan Yamina itu, mengakhiri kekuasaan dari pemerintahan Benjamin Netanyahu yang berjalan selama 12 tahun.
 
Baca: Benjamin Netanyahu Resmi Digulingkan dari Posisi Perdana Menteri Israel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ribuan warga Israel bergegas ke jantung Tel Aviv, kota tepi pantai Israel, untuk menandai berakhirnya Netanyahu saat pemerintahan koalisi baru mulai menjabat.
 
Balai kota Tel Aviv diterangi sebagai bendera Israel untuk perayaan tersebut. Di alun-alun di depannya, penduduk kota mengibarkan bendera dan bersulang dengan musik yang menggelegar di latar belakang. Gelembung sabun juga terlihat beterbangan di udara.
 
Menurut perkiraan media lokal, ribuan orang telah berkumpul di Rabin Square di Tel Aviv.
 
Ribuan Warga Israel Turun ke Jalan Rayakan Lengsernya Benjamin Netanyahu
Warga Israel merayakan terbentuknya pemerintahan baru. Foto: AFP
 
Seperti yang dikatakan jurnalis Noga Tarnopolsky, “kota itu merayakan akhir era Netanyahu yang sudah berlangsung selama 12 tahun. Dan orang-orang bertepuk tangan, bersorak, dan mengibarkan bendera saat parlemen bersumpah dalam koalisi musuh ideologis yang menjanjikan perubahan".
 
Kantor berita lokas Israel, Kann News menayangkan video dari alun-alun saat pengumuman Bennett sebagai perdana menteri dan sorak-sorai dari kerumunan.
 
Menurut video terbaru, masih banyak orang di alun-alun hingga larut malam.
 
Para pemimpin dunia telah memberi selamat kepada Bennett dan Lapid atas pelantikan tersebut, di antaranya Presiden AS Joe Biden, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Kanselir Austria Sebastian Kurz.
 
Biden mengucapkan selamat kepada kabinet koalisi dan menyatakan kesediaannya untuk bekerja dengan pemerintah Bennett.
 
“Atas nama rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Naftali Bennett, Perdana Menteri Alternatif dan Menteri Luar Negeri Yair Lapid, dan semua anggota kabinet baru Israel. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Perdana Menteri Bennett untuk memperkuat semua aspek hubungan yang erat dan langgeng antara kedua negara kita," kata Biden, seperti dikutip AFP, Senin 14 Juni 2021.
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif