Pasukan Israel kerap melakukan kekerasan terhadap warga Palestina. Foto: AFP
Pasukan Israel kerap melakukan kekerasan terhadap warga Palestina. Foto: AFP

Pasukan Israel Sebut Siap Lakukan Invasi ke Gaza

Medcom • 15 Maret 2022 11:58
Tel Aviv: Kepala Israel Defense Force (IDF) atau militer Israel, Aviv Kohavi, mengklaim pasukannya siap menginvasi Gaza dan sejumlah kota Palestina lain.
 
Skenario yang dilaksanakan saat menginvasi kota Jenin tahun 2002, yakni memutus komunikasi, juga air dan listrik, dapat kembali dilakukan di Gaza tahun ini. “Tetapi dengan cara yang lebih efektif,” kata Kohavi.
 
“Kemampuan (tentara Israel) untuk menduduki kota-kota Palestina dan mengelolanya memberikan kredibilitas yang luas bagi pimpinan politik dan militer Israel, juga komandan lapangan tentara Israel,” imbuh Kohavi, seperti dikutip dari Middle East Monitor, Selasa 15 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kohavi mengatakan hal itu dapat dicapai tentara Israel “di mana-mana”.
 
Media Israel Kan 11 melaporkan, Kohavi yang berbicara saat peringatan 20 tahun invasi Jenin dan beberapa kota Tepi Barat, sebagai upaya menekan Intifada al-Aqsha. Intifada al-Aqsha atau Intifadhah Kedua merupakan perlawanan orang Arab Palestina dengan Israel yang terjadi 2000-2005.
 
Upaya tentara Israel untuk menghentikan Intifada gagal, meski telah melakukan pembantaian dan kejahatan perang. Kemudian, perdana menteri Israel saat itu, almarhum Ariel Sharon, memerintahkan pembangunan ilegal Tembok Pemisah Israel.
 
Invasi terakhir Israel ke Gaza dilakukan 2014, yang menewaskan lebih dari 2.200 rakyat Palestina, termasuk 551 anak. Sejak itu, Israel melancarkan sejumlah serangan terhadap Jalur Gaza, yang terakhir dilaksanakan Mei 2021 di mana 254 orang Palestina tewas dalam kurun waktu 11 hari.
 
Tentara Israel secara rutin menyerang Gaza, melakukan penembakan, menerbangkan drone pengintai, hingga merusak tanaman di area-area terkepung. (Kaylina Ivani)

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif