Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (AFP)
Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (AFP)

Presiden Palestina Minta AS untuk Akhiri Pendudukan Israel

Internasional Palestina israel palestina Israel Mahmoud Abbas
Medcom • 18 Oktober 2021 22:55
Ramallah: Presiden Palestina Mahmoud Abbas meminta Amerika Serikat (AS) untuk mendesak masyarakat internasional bergerak cepat guna mengakhiri pendudukan Israel atas wilayah Palestina.
 
Dilansir dari Fars News, Senin, 18 Oktober 2021, Mahmoud Abbas membuat pernyataan tersebut dalam pertemuannya dengan para pebisnis Palestina di Ramallah. Ia memperingatkan, situasi di wilayah Palestina "menjadi semakin memprihatinkan karena pelanggaran Israel."
 
Abbas menyerukan Israel harus menghentikan semua tindakannya terhadap rakyat Palestina di Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza. Apabila Israel menolak solusi dua negara, maka "Palestina akan bergerak menuju pilihan politik lainnya."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2 Oktober lalu, Abbas menyebut salah satu pilihan politik lain adalah menerapkan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB), atau pergi ke satu negara demokratis di tanah Palestina yang bersejarah, di mana sejumlah hak politik dan sipil warga Palestina dapat diperoleh.
 
Baca:  Presiden Palestina Terima Delegasi Israel, Desak Pendudukan Diakhiri
 
Pada 2014, pembicaraan damai antara Israel dan Palestina, yang disponsori oleh AS selama sembilan bulan, terhenti. Hal ini terjadi karena adanya perselisihan mendalam mengenai status pendudukan Israel dan pengakuan pendirian negara Palestina di perbatasan 1967.
 
Israel menduduki Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak Perang Timur Tengah 1967 hingga saat ini. Padahal, Palestina mengklaim penuh dua wilayah tersebut. (Nadia Ayu Soraya)
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif