Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Foto: AFP)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Foto: AFP)

KTT G20 Digelar Secara Virtual November Mendatang

Internasional arab saudi KTT G20
Willy Haryono • 28 September 2020 07:39
Riyadh: Konferensi Tingkat Tinggi jajaran kepala negara anggota G20 dijadwalkan digelar secara virtual pada 21 dan 22 November mendatang. KTT akan dipimpin Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz AL Saud.
 
"Keketuaan Arab Saudi dalam G20 akan dibangun di atas kesuksesan KTT Luar Biasa G20 pada Maret lalu," ujar pernyataan dari Riyadh, dilansir dari laman CGTN, Senin 28 Septembern 2020.
 
Selain itu, lanjut Arab Saudi, keketuaan G20 juga dibangun di atas hasil dari "100 grup kerja virtual dan pertemuan level menteri."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


G20, wadah kerja sama ekonomi global, disebut Arab Saudi merupakan yang terdepan dalam upaya memerangi pandemi virus korona (covid-19).
 
Anggota G20 telah berkontribusi dengan nilai dari USD21 miliar (Rp312 triliun) dalam mendukung produksi, distribusi, dan akses vaksin covid-19. G20 ingin memastikan vaksin covid-19 ini disalurkan secara merata ke semua negara.
 
Di bawah tema "Merealisasikan Kesempatan Bagi Semua di Abad ke-21," KTT G20 pada November mendatang akan fokus pada bidang "melindungi kehidupan dan memulihkan pertumbuhan."
 
Arab Saudi mengatakan, para petinggi G20 juga akan membahas sejumlah kerentanan selama pandemi covid-19, serta memaparkan landasan-landasan demi masa depan yang lebih cerah.
 
Dalam KTT Luar Biasa G20 pada Maret lalu, Presiden Joko Widodo mengajak negara-negara anggota untuk bersama-sama memerangi pandemi covid-19.
 
Menurut Jokowi, G20 harus memotori gerakan solidaritas dunia dalam penanganan covid-19. Ini penting untuk mendorong agar covid-19 tidak menganggu kemitraan dan kerja sama yang sudah dibangun bertahun-tahun.
 
Jokowi juga mendorong negara anggota G20 untuk menyinkronkan kebijakan dan instrumen ekonomi. Kebijakan ini diyakini dapat melawan keterpurukan ekonomi akibat wabah covid-19.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif