Pemandangan salah satu sudut kota Muscat, Oman. (Foto: AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Muscat, Oman. (Foto: AFP)

Oman Konfirmasi Kematian Pertama akibat Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 01 April 2020 13:25
Muscat: Kementerian Kesehatan Oman mengonfirmasi kematian pertama akibat virus korona (covid-19) di negara tersebut. Pasien meninggal adalah seorang pria berusia 72 tahun.
 
Hingga Rabu 1 April, berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di Oman mencapai 192 dengan 45 pasien sembuh.
 
"Kami mengucapkan simpati mendalam kepada keluarga pasien," ungkap pernyataan Kemenkes Oman via Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari The National, kabar kematian perdana muncul saat Oman mengonfirmasi adanya seorang bayi yang terjangkit covid-19. Menkes Oman Dr Ahmed Mohammed Al Saidi mengatakan dalam sebuah siaran radio bahwa bayi tersebut berada dalam "kondisi baik" dan hanya mengalami gejala-gejala ringan.
 
Ia menambahkan bahwa Oman telah mencatat adanya tambahan 13 kasus baru covid-19.
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, sebagian besar orang yang terjangkit covid-19 hanya memperlihatkan gejala ringan seperti demam, flu dan batuk.
 
Namun untuk sebagian orang, terutama kelompok usia lanjut atau yang memiliki masalah kesehatan tertentu, covid-19 dapat memicu gejala parah berujung kematian.
 
Pekan kemarin, Oman melarang perkumpulan massa di seantero negeri dan juga memulai kebijakan penutupan wilayah secara menyeluruh atau lockdown. Oman juga memerintahkan semua agensi pemerintah untuk memangkas 30 persen jumlah staf yang bekerja di kantor.
 
Menkes Ahmed memprediksi puncak pandemi covid-19 akan terjadi pada pertengahan April. Ia juga memprediksi akan ada lonjakan kasus covid-19 dalam dua pekan ke depan, karena sejumlah mahasiswa Oman akan pulang dari luar negeri.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif