Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis di masjid yang akan dirobohkan dan akan dibangun Masjid Presiden Joko Widodo. Foto: KBRI Abu Dhabi
Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis di masjid yang akan dirobohkan dan akan dibangun Masjid Presiden Joko Widodo. Foto: KBRI Abu Dhabi

Tak Hanya Jalan, UEA Bangun Masjid Presiden Joko Widodo

Internasional joko widodo indonesia-uea Uni Emirat Arab (UEA)
Marcheilla Ariesta • 23 Oktober 2020 13:57
Abu Dhabi: Pemerintah Uni Emirat Arab rupanya juga akan membangun masjid dengan nama Masjid Presiden Joko Widodo. Masjid ini akan dibangun di lokasi yang sama di mana sebuah jalan diresmikan juga dengan nama presiden Indonesia ini.
 
Baca: Presiden Joko Widodo Resmi Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab.
 
Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis mengatakan, masjid ini akan menggantikan masjid lama yang dirobohkan pemerintah Uni Emirat Arab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Insya Allah masjid ini akan selesai dibangun pada bulan puasa atau bulan Ramadan 2022," tutur dia dalam sebuah video yang diterima Medcom.id, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Dia mengatakan ini merupakan bentuk penghormatan pemerintah Uni Emirat Arab kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia. Ia meminta doa restu seluruh rakyat Indonesia untuk pembangunan masjid tersebut.
 
Lokasi masjid hanya berjarak satu kilometer dari bakal gedung baru KBRI Abu Dhabi yang akhir tahun ini akan dibangun pemerintah UEA.
 
Masjid akan dibangun di atas bekas lokasi sebuah masjid lama bernama Masjid Abu Hanifah yang akan dirobohkan dalam waktu dekat. Berdasarkan luas area yang dialokasikan, diperkirakan kapasitas total masjid mampu menampung 1.000 orang jemaah.
 
"Apresiasi yang tinggi saya sampaikan kepada Pemerintah Uni Emirat Arab, terutama Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan," tutur Dubes Husin.
 
"Semoga hubungan Uni Emirat Arab dan Indonesia serta kedua rakyatnya terus dan terus semakin kokoh dan kuat," imbuhnya.

Nama jalan

Sebelumnya, Nama Presiden Indonesia, Joko Widodo, diresmikan menjadi salah satu nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Jalan bernama President Joko Widodo Street itu diresmikan pada Senin, 19 Oktober 2020 oleh Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan -- anggota sekaligus Chairman Abu Dhabi Executive Office.
 
Seremoni berlangsung tepat pukul 16:45 waktu setempat di salah satu titik ruas jalan yang diresmikan. Kegiatan tersebut dihadiri Duta Besar RI untuk Uni Emirat Arab (UEA) dan Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Abu Dhabi. Turut hadir pula sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri UEA dan Abu Dhabi Municipality.
 
Penamaan jalan Presiden Joko Widodo merefleksikan hubungan erat RI–UEA, sekaligus bentuk penghormatan Pemerintah UEA kepada Presiden Joko Widodo dalam memajukan hubungan bilateral RI-Uni Emirat Arab selama menjabat sebagai kepala negara.
 
Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama, yang membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor perwakilan diplomatik. Sebelumnya, nama jalan ini adalah Al Ma’arid Street (dalam bahasa Indonesia artinya ekshibisi/pameran) yang menghubungkan jalan Rabdan dengan jalan Tunb Al Kubra.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif