Mantan presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika.terlihat dallam sebuah acara di Aljir, 23 November 2017 (RYAD KRAMDI / AFP)
Mantan presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika.terlihat dallam sebuah acara di Aljir, 23 November 2017 (RYAD KRAMDI / AFP)

Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Boufeflika Meninggal Dunia

Internasional Obituari Aljazair Abdelaziz Bouteflika
Willy Haryono • 18 September 2021 11:44
Aljir: Abdelaziz Bouteflika, presiden dengan masa jabatan terpanjang di Aljazair, meninggal dunia. Ia digulingkan dari kekuasaan di tahun 2019 di tengah gelombang unjuk rasa pro-demokrasi.
 
Dalam pengumuman di televisi nasional Aljazair, dilansir dari laman Guardian, Sabtu, 18 September 2021, disebutkan bahwa Bouteflika meninggal di usia 84 tahun. Kantor kepresidenan Aljazair tidak menyebutkan penyebab kematian Bouteflika.
 
Seorang veteran perang, Bouteflika mengundurkan diri pada April 2019 di tengah desakan kuat masyarakat yang mengecam rencananya untuk maju ke periode kelima. Sejak mengalami stroke di tahun 2013, Bouteflika sudah sangat jarang terlihat di hadapan publik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bouteflika lahir dari orangtua berkewarganegaraan Aljazair pada 2 Maret 1937 di kota Oujda, Maroko. Pada 1956, ia bergabung dengan Pasukan Pembebasan Nasional dalam perang melawan pendudukan Prancis.
 
Baca:  Dianggap Bermusuhan, Aljazair Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Maroko
 
Setelah kemerdekaan Aljazair di tahun 1962, Bouteflika menjadi menteri luar negeri pertama di negara tersebut di usia 25 tahun.
 
Ia memegang jabatan menlu Aljazair selama 16 tahun, dan mendeskripsikan negaranya sebagai pemimpin Dunia Ketiga dan Gerakan Non Blok (GNB). Ia pernah menjadi ketua majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di tahun 1974.
 
Dalam serangan terhadap markas besar OPEC di tahun 1975, Bouteflika berhasil bernegosiasi dengan teroris Carlos the Jackal dalam upaya membebaskan menteri urusan perminyakan dari sejumlah negara.
 
Satu tahun sebelumnya, ia telah mengundang mantan pemimpin Palestina Yasser Arafat untuk berbicara di sidang majelis umum PBB.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif