Raja Maroko Mohammed VI. (Foto: Ludovic Marin/AFP)
Raja Maroko Mohammed VI. (Foto: Ludovic Marin/AFP)

Raja Maroko Ampuni 5.000 Narapidana Selama Pandemi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 06 April 2020 09:42
Rabat: Raja Maroko Mohammed VI mengampuni 5.645 narapidana dalam upaya pencegahan risiko penularan virus korona (covid-19) di lingkungan penjara. Ia juga menyerukan otoritas hukum Maroko untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperkuat perlindungan narapidana serta lembaga pemasyarakatan di tengah pandemi covid-19.
 
"Karena adanya situasi tak biasa terkait darurat kesehatan, proses (pengampunan) ini akan diimplementasikan secara berkala," ujar pernyataan Kementerian Hukum Maroko, dikutip dari Anadolu Agency, Minggu 5 April 2020.
 
Sabtu kemarin, Kementerian Kesehatan Maroko mencatat total infeksi covid-19 bertambah menjadi 919. Sementara angka kematiannya mencapai 59 dengan 66 pasien dinyatakan sembuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Senin ini, jumlah kasus covid-19 di Maroko telah bertambah melewati angka 1.000 dengan 70 kematian dan 76 pasien sembuh.
 
Covid-19 pertama kali muncul di Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok, pada akhir Desember 2019. Saat ini, virus tersebut telah menyebar di lebih dari 190 negara dan wilayah.
 
Masih dari data Universitas Johns Hopkins, total infeksi covid-19 di kancah global tercatat telah melewati angka 1,2 juta, dengan jumlah kematian melampaui 69 ribu dan pasien sembuh 260.247.
 
Sementara itu, Indonesia juga telah membebaskan belasan ribu narapidana dalam upaya menekan penyebaran covid-19. Terhitung pada awal April, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) telah membebaskan 13.430 narapidana di seluruh Indonesia.
 
Sebagian besar narapidana yang dibebaskan adalah tipe umum dan anak-anak. pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nugroho mengatakan, jumlah narapidana yang dibebaskan di seluruh Indonesia akan terus bertambah dari hari ke hari selama pandemi covid-19.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif