NEWSTICKER
Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: AFP)
Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: AFP)

Iran Tolak Bantuan AS Terkait Pandemi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 22 Maret 2020 18:14
Teheran: Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei menolak bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat terkait pandemi penyakit virus corona (covid-19). Penolakan didasarkan pada tuduhan Iran bahwa covid-19 adalah virus buatan AS.
 
Washington telah menawarkan bantuan kepada Teheran dalam menghadapi pandemi covid-19. Namun AS menegaskan bantuan ini tidak termasuk pencabutan sanksi ekonomi yang telah dijatuhkan kepada Iran.
 
"Mungkin saja obat-obatan yang Anda tawarkan justru akan semakin memperluas penyebaran virus," kata Khamenei, seperti dilansir dari Guardian, Minggu 22 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Atau mungkin jika Anda mengirim pakar dan dokter, mungkin mereka hanya ingin melihat efek dari virus, karena sebagian dari virus tersebut sengaja dibuat untuk Iran," lanjutnya.
 
Sejauh ini tidak ada bukti apapun yang dapat mendukung tudingan Khamenei. Sebelumnya pada bulan ini, juru bicara Pemerintah Tiongkok Lijian Zhao menuliskan di Twitter bahwa militer AS mungkin adalah pihak yang membawa covid-19 ke Wuhan.
 
Wuhan adalah ibu kota provinsi Hubei di Tiongkok yang merupakan lokasi awal munculnya covid-19 di akhir 2019.
 
Tudingan Khamenei terhadap AS disampaikan dalam pidatonya di Teheran, yang disiarkan secara langsung di televisi dan radio di seantero Iran. Pidato disampaikan saat Iran sedang memperingati Nowruz, Tahun Baru Persia.
 
Sejauh ini, berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus covid-19 di Iran telah melampaui 20 ribu dengan total kematian 1.556 dengan pasien sembuh mencapai 7.635.
 
Sementara di AS, jumlah kasus covid-19 telah melewati 26 ribu dengan 340 kematian dan 176 pasien sembuh.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif