Pendukung keluarga Salhiyya berunjuk rasa di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, 21 Januari 2022. (Ahmad GHARABLI / AFP)
Pendukung keluarga Salhiyya berunjuk rasa di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, 21 Januari 2022. (Ahmad GHARABLI / AFP)

Populer Internasional: Pengusiran Keluarga Palestina Hingga Serangan Saudi di Yaman

Internasional Palestina konflik yaman pbb israel palestina arab saudi Pemberontak Houthi Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Internasional
Willy Haryono • 22 Januari 2022 10:42
Amman: Badan Bantuan dan Pekerjaan untuk Pengungsi PBB (UNRWA) mengutuk keras pembongkaran rumah dan penggusuran keluarga Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur. Kabar ini menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Sabtu, 22 Januari 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah PBB yang mengadopsi resolusi terkait peristiwa holocaust dan serangan koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang menewaskan 70 orang di Yaman.

Berikut selengkapnya:

  • UNRWA Kutuk Pengusiran Paksa Keluarga Palestina di Sheikh Jarrah

Salah satu keluarga yang diusir paksa di Sheikh Jarrah adalah Salhiyya. Dalam hitungan jam, rumah dan harta benda keluarga Salhiyya dihancurkan. Penggusuran dilakukan saat anak dan ibu keluarga itu sedang tidur.
 
Setelah kehilangan tempat tinggal akibat konflik 1948, keluarga Salhiyya kini kembali mengungsi, mencari perlindungan sekali lagi. Dalam operasi yang bertujuan untuk mengusir keluarga tersebut, pasukan Israel melukai beberapa anggota keluarga.
 
Selain itu, pasukan Israel menangkap, antara lain, Mahmoud Salhiyya, kepala keluarga yang mengancam akan bakar diri beberapa hari lalu. Mahmoud mengatakan itu saat pasukan Israel menghancurkan aktivitas komersial dan sumber mata pencahariannya di sebelah rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apa pernyataan UNRWA terkait pengusiran paksa di Sheikh Jarrah ini? Cek selengkapnya di sini.
  • PBB Adopsi Resolusi Memerangi Penyangkalan Holocaust

PBB mengadopsi resolusi baru yang bertujuan memerangi penyangkalan terhadap tragedi Holocaust. Resolusi ini mendesak negara-negara dunia serta media untuk memerangi anti-Semitisme.
 
Holocaust merupakan penganiayaan ideologis dengan pembunuhan massal orang-orang Yahudi Eropa oleh rezim Nazi Jerman antara 1933-1945. Bagi Nazi yang juga penganut paham anti-Semit, orang-orang Yahudi adalah ras yang lebih rendah.
 
Mereka dipandang sebagai ancaman bagi kemurnian dan komunitas rasial Jerman. Resolusi yang diajukan Israel dan Jerman itu disahkan tanpa pemungutan suara oleh Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang.
 
Pernyataan apa yang disampaikan dalam Majelis Umum PBB terkait resolusi holocaust? Cek selengkapnya di sini.
  • Koalisi Arab Saudi Serang Houthi, 70 Warga Yaman Tewas

Serangan udara oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi di Yaman menewaskan sedikitnya 70 orang di sebuah penjara. Serangan juga melumpuhkan internet seluruh negara pada Jumat dalam eskalasi baru konflik di sana.
 
"Di kota utara Saada dekat perbatasan Arab Saudi, Rumah Sakit Republik telah menerima sekitar 70 orang tewas dan 138 terluka dan tidak dapat menampung lagi," kata Ahmed Mahat, kepala misi Doctors Without Borders di Yaman, dikutip dari The New York Times.
 
"Masih banyak mayat di lokasi serangan udara, banyak orang hilang," kata Mahat dalam sebuah pernyataan, mengutip seorang rekan Doctors Without Borders di Saada.
 
Seperti apa kondisi di lapangan beberapa saat usai serangan udara tersebut? Cek selengkapnya di sini.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif