Arab Saudi minta penundaan ibadah haji. (Foto: AFP).
Arab Saudi minta penundaan ibadah haji. (Foto: AFP).

Kemenlu: Belum Ada Keputusan Resmi Terkait Penangguhan Haji

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 01 April 2020 20:54
Jakarta: Arab Saudi dilaporkan melakukan penangguhan ibadah haji untuk tahun ini karena wabah virus korona. Namun, Kementerian Luar Negeri RI belum mendapat informasi resmi terkait hal itu.
 
"Jadi sampai saat ini, belum ada keputusan resmi dari pemerintah Saudi mengenai bagaimana pelaksanaan haji tahun ini apakah dilakukan atau tidak. Belum ada keputusan resmi," tutur Direktur Timur Tengah Kemenlu RI Ahmad Rizal Purnama dalam konferensi pers virtual, Rabu 1 April 2020.
 
Rizal mengatakan pihaknya terus berkomunikasi dengan Duta Besar Arab Saudi di Jakarta maupun perwakilan RI di Riyadh terkait hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Isu ini kerap kita angkat karena menyangkut hajat kepentingan masyarakat Indonesia," serunya.
 
"Hingga saat ini, jawaban Arab Saudi adalah mereka terus mengikuti perkembangan covid-19 dan pada waktunya akan memberikan keputusan," imbuh Rizal.
 
Namun, Rizal membenarkan jika Arab Saudi menunda pembayaran komitmen baru terkait dengan pembayaran haji. Menurut Rizal kabar tersebut sudah tersebar sepekan lalu.
 
Sebelumnya diberitakan Menteri Haji Arab Saudi meminta umat Islam pada Selasa 31 Maret untuk menunda sementara Ibadah Haji.
 
Awal bulan ini, Arab Saudi menunda ‘ibadah umrah’ sepanjang tahun karena kekhawatiran virus korona menyebar ke kota-kota suci dalam Islam. Ini merupakan sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang meningkatkan ketidakpastian atas ibadah haji tahunan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif