Polisi Irak melihat sebuah kendaraan yang rusak dalam serangan bom di Kirkuk, 23 Mei 2021. (MARWAN IBRAHIM / AFP)
Polisi Irak melihat sebuah kendaraan yang rusak dalam serangan bom di Kirkuk, 23 Mei 2021. (MARWAN IBRAHIM / AFP)

Korban Tewas Serangan ISIS Desa Syiah Irak Bertambah Jadi 15 Orang

Internasional konflik irak Irak isis Mustafa al-Kadhimi
Medcom • 27 Oktober 2021 20:49
Baghdad: Korban tewas akibat serangan kelompok militan Islamic State (ISIS) di Irak Timur dilaporkan bertambah menjadi 15 orang. Peningkatan jumlah korban ini disampaikan sumber medis setempat pada Rabu, 27 Oktober 2021.
 
Dilansir dari Anadolu Agency, militan ISIS telah menyerang desa al-Rashad di provinsi Diyala dengan senapan mesin dan senjata penembak jitu pada Selasa malam.
 
Seorang sumber medis mengatakan, sebanyak 13 orang terluka dalam serangan tersebut. Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Irak mencatat ada 11 orang tewas dalam serangan ISIS di al-Rashad, desa yang mayoritasnya dihuni kelompok Muslim Syiah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  11 Warga Sipil Tewas dalam Serangan ISIS di Baghdad
 
Para penyerang melarikan diri dari desa al-Rashad tanpa menelan kerugian apapun. Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi telah memerintahkan para tentara untuk meningkatkan pengumpulan data intelijen guna membantu mencegah serangan serupa.
 
Dalam beberapa bulan terakhir, ISIS telah meningkatkan serangan mereka di Irak, terutama di daerah antara Kirkuk, Salahuddin, dan Diyala, yang dikenal sebagai Segitiga Kematian.
 
Pada 2017, Irak mendeklarasikan kemenangan atas ISIS dengan merebut kembali semua wilayah yang dikuasai kelompok teroris itu. Pada 2014, ISIS pernah menguasai sekitar sekitar sepertiga dari wilayah Irak yang kini dipimpin oleh Presiden Barham Salih.
 
Bagaimanapun, ISIS -- kelompok yang berdiri sejak 1999 -- masih mempertahankan sel-sel tidur mereka di wilayah yang luas di Irak. Para sel ini melancarkan serangan dari waktu ke waktu, yang biasanya ditujukan kepada aparat keamanan atau kelompok Syiah. (Nadia Ayu Soraya)

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif