Pelabuhan Beirut, Lebanon, sesudah dan sebelum ledakan dahsyat 4 Agustus 2020. Foto: Mirror
Pelabuhan Beirut, Lebanon, sesudah dan sebelum ledakan dahsyat 4 Agustus 2020. Foto: Mirror

Perbedaan Kondisi Beirut Sebelum dan Sesudah Ledakan Dahsyat

Internasional Ledakan Lebanon
Fajar Nugraha • 05 Agustus 2020 17:27
Beirut: Gambar mengejutkan tampak setelah Beirut, Lebanon dilanda ledakan pada Selasa 4 Agustus 2020. Ledakan di pelabuhan ini telah menewaskan 100 orang.
 
Situasi sebelum dan sesudah Pelabuhan Beirut dilanda ledakan menunjukkan betapa besar skala ledakan tersebut. Tepi pantai industri di Laut Mediterania yang penuh dengan gudang tampak rata ledakan pada Selasa malam.
 
Baca: Banyak Warga Beirut Terperangkap Pascaledakan di Lebanon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rumah sakit rusak dan jendela hancur akibat ledakan yang menimbulkan dampak hingga berkilo-kilometer jauhnya. Gelombang kejut melesat dari lokasi ledakan menyambar ke daerah pemukiman padat dan distrik perbelanjaan di dekatnya.
 
Seperti dilansir Mirror, Rabu 5 Agustus 2020, awan berbentuk jamur raksasa yang tampak di langit setelah ledakan itu memicu ketakutan atas apa yang menyebabkannya.
 
Perbedaan Kondisi Beirut Sebelum dan Sesudah Ledakan Dahsyat
Pelabuhan Beirut, Lebanon dilihat dari citra satelit. Foto: Mirror.
 
laporan awal menunjukkan kebakaran telah meledakkan gudang di pelabuhan. “Ledakan itu mungkin disebabkan oleh bahan peledak yang disita dari sebuah kapal beberapa waktu lalu dan disimpan di pelabuhan,” ujar Kepala Keamanan Umum Lebanon, Abbas Ibrahim.
 
Sementara saluran televisi lokal LBC mengatakan bahan itu adalah amonium nitrat. Saksi mata melaporkan melihat awan oranye yang aneh seperti itu yang muncul ketika gas nitrogen dioksida beracun dilepaskan setelah ledakan yang melibatkan nitrat.
 
Pada sebuah foto menunjukkan kondisi pelabuhan Beirut yang masih tertata rapi sebelum ledakan. Dari citra satelit menunjukkan deretan pemukiman juga tampak tidak jauh dari pelabuhan.
 
Perbedaan Kondisi Beirut Sebelum dan Sesudah Ledakan Dahsyat
Pelabuhan Beirut hancur lebur akibat ledakan. Foto: AFP
 

Namun kini kondisinya sudah porak poranda akibat ledakan. Puing dan deretan gudang yang tertata rapi, kini tampak rata dengan tanah.
 
Gedung perkantoran dan hunian warga pun tampak hancur akibat daya ledak yang dahsyat itu. Pihak berwenang yang menggunakan helikopter tampak masih melemparkan air untuk memadamkan sisa api yang masih tampak usai ledakan.

Bantuan untuk Lebanon


Perdana Menteri Lebanon Hassan Diab meminta semua negara dan sahabat Lebanon untuk menyalurkan bantuan ke negaranya. Menurut PM Diab, negaranya telah mengalami bencana yang nyata.
 
Ia menekankan kembali tekadnya untuk mencari pihak yang bertanggung jawab atas ledakan di Pelabuhan Beirut. Dalam pidatonya, ia tidak menyebutkan mengenai penyebab pasti ledakan.
 
Sebelumnya, Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan bahwa ledakan berasal dari 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan di area Pelabuhan Beirut selama lebih kurang enam tahun.
 
Menurut laporan beberapa media lokal, sebagian besar korban tewas adalah petugas pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan kobaran api di area pelabuhan.

Blunder Trump


Meskipun Lebanon tidak menyebut ledakan itu merupakan imbas ledakan, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggambarkan ledakan itu sebagai 'serangan mengerikan’.
 
Baca: Lebanon Kritik Penggunaan Kata 'Serangan' oleh Trump.
 
Trump mengungkapkan para jenderal militer Amerika percaya itu kemungkinan disebabkan oleh sebuah bom. Pejabat Lebanon langsung mengkritik penggunaan kata ‘serangan’ oleh Trump saat dirinya merespons
 
Kritik Lebanon disampaikan kepada jajaran diplomat AS tak lama usai pernyataan Trump.
 
Dua pejabat anonim AS mengaku belum mengetahui pasti apakah pernyataan Trump adalah pandangan pribadi atau dibuat berdasarkan informasi tertentu. Namun keduanya meyakini informasi awal mengindikasikan bahwa ledakan di Pelabuhan Beirut bukan sebuah serangan.
 
(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif