Jet tempur Israel dalam sebuah manuver di udara. Foto: AFP
Jet tempur Israel dalam sebuah manuver di udara. Foto: AFP

Aktivis Pro-Hamas Luncurkan Balon Pembakar, Israel Balas Menyerang

Internasional Palestina israel palestina Gaza Israel hamas
Fajar Nugraha • 26 Juli 2021 08:36
Yerusalem: Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang sebuah sasaran di Jalur Gaza selatan. Militer Israel mengatakan, ini sebagai bentuk serangan balasan dari peluncuran balon-balon pembakar yang menyebabkan setidaknya tiga kebakaran di wilayah selatan Israel.
 
Militer Israel mengaku mengatakan telah menyerang pangkalan militer Hamas. Dikatakan pangkalan itu dekat daerah sipil yang termasuk sekolah tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Tidak ada laporan segera tentang korban.
 
“Keputusan itu dibuat menyusul peluncuran terus-menerus balon pembakar dari Jalur Gaza ke Israel, yang merupakan pelanggaran kedaulatan Israel," kata pihak militer Israel dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP, Senin 26 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hamas bertanggung jawab atas semua kegiatan di Jalur Gaza dan semua tindakan yang berasal dari Jalur Gaza yang ditujukan kepada negara Israel," kata badan pertahanan Israel yang mengawasi urusan sipil Palestina (COGAT).
 
"Oleh karena itu akan menanggung konsekuensi atas kekerasan yang dilakukan terhadap warga negara Israel,” imbuh pernyataannya.
 
Serangan udara itu terjadi beberapa jam setelah balon pembakar diluncurkan ke Israel oleh para aktivis yang terkait dengan kelompok Hamas yang berkuasa di Gaza. Foto dan video yang diposting di media sosial menunjukkan mereka mengirim balon ke Israel. Di salah satu dari mereka tertulis pesan: "Waktu hampir habis."
 
Peluncuran itu dilakukan dua bulan setelah perang 11 hari antara Israel dan Hamas. Hamas marah karena Israel tidak berbuat banyak untuk meringankan blokade yang melumpuhkan di wilayah itu sejak pertempuran berakhir, dan atas penundaan negosiasi tidak langsung dengan Israel untuk melanjutkan bantuan keuangan Qatar ke Gaza.
 
Media Israel melaporkan setidaknya tiga kebakaran terjadi di Israel selatan, memecahkan jeda tiga minggu dalam peluncuran balon.
 
Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett membandingkan peluncuran balon dengan tembakan roket dan telah memerintahkan serangan udara mengikuti contoh sebelumnya juga.
 
COGAT pada Minggu 25 Juli mengumumkan bahwa Israel memotong zona penangkapan ikan untuk nelayan Gaza menjadi dua, dari 12 mil laut menjadi enam mil laut. Mengurangi daerah penangkapan ikan adalah tanggapan umum Israel terhadap api yang berasal dari Gaza.
 
Israel dan Mesir telah mempertahankan blokade Gaza sejak Hamas merebut kekuasaan pada tahun 2007. Blokade termasuk kontrol Israel atas wilayah pantai dan wilayah udara.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif