Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyaksikan penyuntikan vaksin covid-19 lokal, Turkovac. Foto: Anadolu
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyaksikan penyuntikan vaksin covid-19 lokal, Turkovac. Foto: Anadolu

Vaksin Covid-19 Lokal Turki, ‘Turkovac’ Jalani Uji Klinis Fase Tiga

Internasional Virus Korona turki Recep Tayyip Erdogan pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Turkovac
Fajar Nugraha • 23 Juni 2021 14:28
Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meluncurkan Turkovac, yang merupakan kandidat vaksin covid-19 yang dikembangkan secara lokal di negara itu. Vaksin ini tengah menjalani uji coba Fase 3 di ibu kota Turki, Ankara.
 
“Sangat penting bahwa kita memiliki vaksin sendiri untuk menyelamatkan negara kita dari pandemi secepat mungkin dan untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan bangsa kita,” ujar Presiden Erdogan, seperti dikutip Anadolu, Rabu 23 Juni 2021.
 
“Dengan pembuatan vaksin yang telah memasuki Fase 3 ini, kini kita telah memasuki titik balik akhir untuk memiliki vaksin sendiri,” kata Erdogan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proses uji klinis Fase 3 ini pun turut diawasi dengan ketat oleh Menteri Kesehatan Fahrettin Koca. Koca tampak mendampingi sukarelawan pertama untuk mendapatkan suntikan vaksin virus korona tersebut.
 
Berbicara di acara tersebut via konferensi video, Erdogan mengatakan bahwa Turki meningkatkan upaya inokulasi massal dengan vaksin yang diimpor dari Jerman dan Tiongkok. Tetapi vaksin domestik juga akan membantu mengendalikan infeksi di masa depan.
 
Selain itu Turki minggu ini mengumumkan berakhirnya sebagian besar pembatasan pandemi karena penurunan jumlah kasus. Namun Erdogan tetap meminta warga Turki untuk divaksinasi supaya melindungi diri mereka sendiri dan orang terdekatnya dalam melawan virus korona.
 
“Turki akan menurunkan usia minimal vaksinasi covid-19 menjadi 18 tahun dalam beberapa minggu mendatang,” tegas Erdogan.
 
Erdogan juga menambahkan bahwa dengan vaksinasi yang dipercepat, pembatasan covid-19 akan dicabut satu per satu.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif