Petugas memakamkan korban covid-19 di Bekasi 4 Juli 2021. Foto: Rezas/AFP
Petugas memakamkan korban covid-19 di Bekasi 4 Juli 2021. Foto: Rezas/AFP

Belajar Atasi Covid-19 dari Negara Lain

Internasional Virus Korona pandemi covid-19 Varian Delta PPKM Darurat
Marcheilla Ariesta • 05 Juli 2021 08:01
Jakarta: Indonesia tengah dirundung gelombang baru covid-19. Kasus harian berada di atas 20 ribu dalam sepekan terakhir, sehingga total infeksi covid-19 di Indonesia mencapai lebih dari 2 juta kasus.
 
Kasus harian yang melonjak tajam ini tentunya menjadi tantangan bagi para tenaga kesehatan (nakes). Banyak nakes tumbang karena kewalahan merawat pasien yang membludak dan harus terus berhadapan dengan virus korona tersebut.
 
Varian Delta diduga menjadi 'penyebab' menyebarnya covid-19 dengan sangat cepat. Varian yang pertama kali ditemukan di India ini dilaporkan dapat menyebar melalui udara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karenanya, pemerintah Indonesia menyarankan masyarakat untuk menggunakan double mask (dua masker) - masker medis di dalam; masker kain di luar - untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi covid-19.
 
Selain itu, pemerintah juga mulai melakukan pembatasan yang dinamakan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Langkah ini terpaksa diambil karena kasus covid-19 di Indonesia yang semakin tidak terkendali dengan mobilitas masyarakat yang masih seperti biasanya.
 
PPKM Darurat mulai diberlakukan pada 3-20 Juli 2021. Keputusan ini fokus diterapkan di Jawa-Bali.
 
"Setelah mendapatkan banyak masukan dari menteri-menteri, para ahli kesehatan dan kepala daerah, saya memutuskan memberlakukan PPKM darurat mulai 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 khusus di Jawa dan Bali," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis lalu.

Mengapa covid-19 kembali menyebar di Indonesia?

Sebenarnya virus ini belum benar-benar tuntas di Indonesia. Namun, masyarakat mulai abai pada protokol kesehatan karena 'takabur' merasa sudah kebal covid-19 sebab sudah disuntik, menjadi salah satu faktor utama virus ini kembali menyebar cepat.
 
Pemerintah Indonesian sudah memperbolehkan warga dari usia 12 tahun ke atas untuk mendapat suntikan dosis. Meski demikian, bukan berarti setelah vaksin Anda akan kebal covid-19. Bukan begitu cara kerjanya.
 
Vaksin covid-19 diberikan agar tubuh lebih siap jika suatu saat terinfeksi, sehingga tidak sampai menderita gejala yang parah. Paling tidak, kalau sudah divaksin dan terinfeksi covid-19, tidak sampai memakai ventilator.
 
Pemerintah juga sudah menegaskan, walaupun sudah divaksin, protokol kesehatan tetap harus dijalankan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Belajar Tindakan Pencegahan

Menteri Bidang Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengakui bahwa lonjakan kasus covid-19 dalam beberapa waktu terakhir tidak pernah diprediksi sebelumnya.
 
“Jujur kita juga tidak pernah memprediksi setelah Juni tahun ini, keadaan ini terjadi lonjakan lagi, karena inilah yang kita ketahui baru,” kata Luhut dalam konferensi pers mengenai implementasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat beberapa waktu lalu.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif