Gelombang tinggi yang dipicu Badai Ciara melanda pesisir Inggris selatan, 9 Februari 2020
Gelombang tinggi yang dipicu Badai Ciara melanda pesisir Inggris selatan, 9 Februari 2020

Terbawa Badai Dennis, 'Kapal Hantu' Terdampar di Irlandia

Internasional politik irlandia topan badai
Arpan Rahman • 17 Februari 2020 14:13
Ballycotton: Sebuah 'kapal hantu' yang terlihat terombang-ambing di lepas pantai Afrika enam bulan lalu ditemukan terdampar di pantai Irlandia. Kapal sepanjang 77 meter itu diyakini terbawa Topan Dennis yang melanda seantero Britania Raya sejak beberapa hari terakhir .
 
Berlayar dengan bendera Tanzania, kapal MV Alta terlihat di Ballycotton, County Cork, pada Minggu 16 Februari pagi waktu setempat.
 
Juru bicara Penjaga Pantai Waterford mengatakan kepada media Irish Examiner bahwa terdamparnya MV Alta diakibatkan Topan Dennis. Ia mengaku sudah memeriksa keseluruhan kapal, dan tidak ada satu orang pun di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badai Dennis melanda Britania Raya beberapa hari setelah terjangan Badai Ciara di kawasan yang sama.
 
"(Kapal) itu telah terbawa dari pesisir Afrika ke Spanyol, kemudian ke Inggris dan akhirnya Irlandia," kata Manajer Operasional Lifeboat Ballycotton RNLI John Tattan.
 
"Saya tidak pernah melihat kapal yang ditelantarkan seperti itu sebelumnya," lanjutnya, dikutip dari Sunday Mirror, Minggu 16 Februari 2020.
 
Tattan mengaku heran bagaimana bisa MV Alta tidak terdeteksi oleh salah satu kapal penangkap ikan sebelum akhirnya terdampar di pesisir.
 
Hingga saat ini belum ada informasi mengenai mengapa MV Alta bisa terombang-ambing di Samudra Atlantik tanpa ada satu orang pun di dalamnya. September tahun lalu, kapal Angkatan Laut Inggris mengaku pernah melihatnya di perairan Mid-Atlantic.
 
Penjaga Pantai Irlandia mengatakan kapal MV Alta kini relatif stagnan karena tersangkut bebatuan. Namun ada kemungkinan suatu saat kapal itu akan kembali terdorong ke lautan jika ada terjangan badai atau gelombang tinggi.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif