Macron Janjikan Kewarganegaraan kepada 'Spider-Man' Paris
Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) berbincang-bincang dengan Mamoudou Gassama di Istana Elysee, Paris, 28 Mei 2018. (Foto: AFP/THIBAULT CAMUS)
Paris: Pahlawan asal Mali yang menyelamatkan bocah kecil di balkon lantai empat sebuah bangunan di Paris mendapat ucapan selamat dan terima kasih dari Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dua hari setelah aksi penyelamatan bergaya 'Spider-Man' di Paris, Mamoudou Gassama bertemu dengan Macron di Istana Elysee, Senin 28 Mei 2018.

"Semua dokumen (Gassama) akan diproses," ujar Macron kepada pemuda 22 tahun itu, merujuk pada status keimigrasiannya.


Dalam pertemuan di Elysee, yang disiarkan langsung via laman Facebook, Macron memberikan medali kepada Gassama atas keberaniannya. Ia juga menawarkan agar Gassama bergabung dengan Dinas Pemadam Kebakaran Prancis.

"Saya tidak berpikir apa-apa saat itu. Saya hanya langsung memanjat," tutur Gassama kepada Macron. "Luar biasa," balas Macron.

Tiba di Prancis pada September 2017, Gassama sama sekali tidka menyangka akan mendapatkan medali dari seorang presiden. "Ini pertama kalinya saya mendapat trofi seperti ini," ungkap dia.

Baca: 'Spider-Man' Paris Selamatkan Bocah yang Bergelantungan di Balkon

Video aksi penyelamatan memperlihatkan Gassama yang memanjat dari balkon ke balkon. Ia memanjat dengan tangan kosong tanpa menggunakan peralatan keselamatan.

Saat tiba di lantai empat, Gassama menaikkan kakinya ke balkon dan meraih anak berumur empat tahun itu dengan tangan kanannya. Seorang pria di balkon sebelah sempat memegangi anak tersebut, namun tak bisa menariknya karena terhalang tembok pembatas.

"Ini adalah aksi keberanian yang luar biasa. Aksi ini sesuai dengan nilai-nilai solidaritas kita sebagai republik. Kita harus membukakan pintu komunitas nasional kepadanya," tulis juru bicara pemerintah Prancis Benjamin Griveaux di Twitter.

Penyelamatan heroik Gassama mengingatkan warga Prancis pada aksi seorang warga Mali lainnya. Lassana Bathily mendapatkan kewarganegaraan Prancis karena berhasil menyelmatkan beberapa nyawa saat aksi teror di Prancis pada 2015.

Ketika itu, Bathily membantu menyembunyikan sejumlah orang di dalam ruang pendingin saat terjadinya serangan teror di sebuah supermarket.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360