Pesawat Rusak, Kanselir Jerman Tak Hadiri Pembukaan KTT G20

Fajar Nugraha 30 November 2018 09:59 WIB
ktt g20jerman
Pesawat Rusak, Kanselir Jerman Tak Hadiri Pembukaan KTT G20
Pesawat yang ditumpangi Kanselir Jerman Angela Merkel mengalami kerusakan. (Foto: AFP).
Koeln: Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan tidak akan menghadiri acara pembukaan KTT G20 di Buenos Aires, Argentina. Hal tersebut disebabkan adanya gangguan pada pesawat yang ditumpangi Merkel.

Pesawat pemerintah berjenis Airbus A340 yang membawa Merkel dan delegasinya, terpaksa melakukan pendaratan di Bandara Koeln-Bonn setelah terjadinya malfungsi yang cukup serius. Merkel dan Menteri Keuangan Olaf Scholz akan melanjutkan perjalanan pada Jumat ini, di saat para pemimpin dunia memulai diskusi.

“Ini kerusakan yang cukup serius. Untungnya kami memiliki awak yang hebat dan berpengalaman dalam penerbangan khusus ini,” ujar Merkel, usai mendarat, seperti dikutip AFP, Jumat, 30 November 2018.


Pilot dari pesawat itu mengatakan kepada penumpang dirinya memutuskan untuk mendaratkan pesawat setelah terjadi kerusakan dari beberapa sistem elektronik. Tetapi menurutnya tidak ada ancaman keamanan serius dalam insiden ini.

Merkel dan penumpang lainnya tetap berada di pesawat yang disebut ‘Konrad Adenauer’ itu, ketika teknisi memerika sistem rem dan beberapa petugas pedaman berada di lokasi. Menurut majalah Der Speigel, seluruh sistem komunikasi dari pesawat mengalami kerusakan.

Menteri Pertahanan Ursula von der Leyen mengetahui kabar itu dan langsung mengatur rencana perjalanan baru untuk Merkel. Pada akhirnya delegasi Merkel dibawa ke sebuah hotel di Bonn. Sebuah pesawat pemerintah yang lain akan membawa Merkel ke Madrid dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Argentina dengan penerbangan komersial.

Penundaan ini akan merusak jadwal pertemuan Merkel di KTT G20. Di forum ini dia diperkirakan akan melakukan pertemuan dengan Presiden AS, Presiden Tiongkok, Rusia dan India. Tidak diketahui apakah pertemuan bilateral ini akan dijadwal ulang.

Sebelumnya pesawat ‘Konrad Adenauer’ juga mengalami masalah ketika membawa Menkeu Scholz dalam pertemuan  International Monetary Fund dan Bank Dunia (IMF-World Bank), di Bali. Penyebab masalah adalah kerusakan akibat tikus yang masuk ke pesawat Airbus A340 itu.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id