Aktivitas di Bandara Gatwick di London, Inggris, 21 Desember 2018. (Foto: AFP/BEN STANSALL)
Aktivitas di Bandara Gatwick di London, Inggris, 21 Desember 2018. (Foto: AFP/BEN STANSALL)

Polisi Inggris Telusuri Petunjuk Kasus Drone Bandara

Internasional bandara inggris
Willy Haryono • 24 Desember 2018 08:43
London: Kepolisian Inggris menelusuri berbagai petunjuk usai membebaskan dua tersangka dalam kasus penerbangan pesawat tanpa awak atau drone di Bandara London Gatwick. Kasus ini sempat membuat sejumlah penerbangan di bandara tersebut ditunda.

Hampir 140 ribu penumpang terdampak kasus ini, yang dimulai pada Rabu hingga Jumat kemarin. Karena polisi menerima sejumlah laporan mengenai penampakan drone di Gatwick, bandara kedua tersibuk di Inggris itu sempat ditutup.

Baca: Bandara Ditutup, Polisi Inggris Pertimbangkan Tembak Drone

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sebuah drone rusak yang ditemukan di dekat bandara telah diperiksa. Namun polisi belum dapat memastikan apakah drone itu termasuk dari beberapa yang terbang di area bandara. Aparat kepolisian London mengakui ada kemungkinan bahwa faktanya tidak ada satu drone pun yang terbang di atas Gatwick. Pernyataan ini disampaikan usai meminta keterangan dari beberapa saksi.

Polisi telah menangkap seorang pria berusia 47 tahun dan wanita berumur 54 dari kota Crawley dekat Gatwick pada Jumat kemarin. Namun keduanya dibebaskan tanpa syarat pada Minggu 23 Desember 2018.

"Kedua orang itu bekerja sama penuh dengan penyelidikan. Saya senang mereka sudah bukan lagi tersangka dalam kasus drone di Gatwick," ujar detektif Jason Tingley dari Kepolisian Sussex, seperti dilansir dari kantor berita AFP.

Saat ditanya mengenai spekulasi bahwa sebenarnya tidak pernah ada drone di Gatwick, Tingley menjawab: "Tentu saja ada kemungkinan ke sana. Kami sedang menanyai sejumlah saksi yang mengaku pernah melihat sesuatu."

Meski dua tersangka telah dibebaskan, Tingley membantah pihaknya kembali ke titik nol dalam penyelidikan. Ia mengaku saat ini petugas sedang melacak seseorang yang masuk "daftar pencarian orang."

Penerbangan drone di bandara adalah sesuatu yang berbahaya karena benda tersebut dapat membentur pesawat atau tersedot ke bagian mesinnya.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi