Presiden Ukraina Petro Poroshenko. (Foto: AFP / John Thys)
Presiden Ukraina Petro Poroshenko. (Foto: AFP / John Thys)

Presiden Ukraina Tuding Putin Ingin Kuasai Seluruh Eropa

Internasional krisis ukraina
Willy Haryono • 03 Agustus 2015 16:38
medcom.id, Kiev: Presiden Ukraina Petro Poroshenko menuding Presiden Rusia Vladimir Putin ingin menguasai "seluruh wilayah Eropa" dengan membidik beberapa target awal, seperti Finlandia dan negara Baltik.
 
"Putin ingin menguasai tidak hanya Ukraina, tapi juga seluruh Eropa," tutur Poroshenko dalam wawancara dengan stasiun radio Prancis, RFI.
 
"Jika Anda menanyakan kepada saya dua tahun lalu, saya akan mengatakan hal tersebut mustahil karena sistem keamanan pascaperang akan menghalanginya," sambung dia, seperti dikutip AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun jika Anda menanyakan hal itu hari ini, sayangnya semua itu mungkin karena aneksasi Krimea dan wilayah timur Ukraina menunjukkan kita dapat melanggar sistem keamanan global," kata Poroshenko.
 
Poroshenko menyebut pertempuran pasukannya dengan separatis pro Rusia di timur Ukraina harus dilihat sebagai peperangan untuk seluruh wilayah Eropa.
 
"Apakah serangan terhadap Finlandia mungkin terjadi? Iya, dan Finlandia mengetahui hal tersebut. Apakah serangan terhadap negara-negara Baltik mungkin terjadi? Iya," ujar dia.
 
"Saat berbicara mengenai pertempuran di wilayah timur negara saya, kami bertempur tidak hanya untuk kemerdekaan dan kedaulatan negara kami, tapi kami bertempur untuk demokrasi, kami bertempur untuk kebebasan dan keamanan seluruh kontinen Eropa," tambah dia.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif