Ilustrasi pemilu. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi pemilu. (Foto: Medcom.id)

Partisipasi WNI dalam Pemilu di Belanda Meningkat Drastis

Internasional pilpres 2019
Sonya Michaella • 15 April 2019 18:13
Den Haag: Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag bersama dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) menyatakan partisipasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang memilih dalam pemilihan umum 2019, meningkat drastis.
 
Ketua PPLN Den Haag 2019 yang juga ketua PPLN pada pemilu 2014 Moeljo Wijono mengonfirmasi, lima tahun lalu sebanyak 2.328 WNI datang ke TPS. Sedangkan pada tahun ini, 4.530 WNI datang ke TPS yang berarti meningkat hampir dua kali lipat.
 
"Ini juga untuk pertama kali partisipasi WNI di Belanda berhasil mencapai target KPU untuk mencapai 50 persen partisipasi pemilih di luar negeri," kata Moeljo, Senin 15 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PPLN mengkalkulasi dari 11.744 WNI yang terdaftar di DPTLN Belanda, sebanyak 6.000 lebih memberikan suaranya baik dari TPS sebanyak 4.530. Ditambah dengan pemilih melalui pos yang sampai tanggal 13 April sudah berjumlah lebih dari 1.400 orang.
 
Jumlah ini terus bertambah sampai dengan penghitungan suara pada 17 April nanti. Pada pemilu sebelum-sebelumnya, partisipasi pemilih di Belanda paling banyak 35 persen. Panitia sangat mengapresiasi warga yang sangat bersemangat menyalurkan hak pilihnya.
 
Selain itu, pemilu 2019 juga kali pertama PPLN mengadakan pemungutan suara di Sekolah Indonesia Den Haag, bukan di KBRI. PPLN telah gencar melakukan sosialisasi kepada WNI di Belanda dengan mengikuti kegiatan warga dan mahasiswa Indonesia di Belanda lebih dari satu tahun terakhir.
 
Untuk kelancaran transportasi pemilih, PPLN juga menyediakan tiga unit bus untuk sebelas kali penjemputan WNI dari Den Haag Centraal Station menuju ke TPS yang membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
 
Pemungutan suara di Den Haag akan dilanjutkan dengan penghitungan suara yang akan dilaksanakan pada hari 17 April nanti bersamaan dengan pemungutan dan penghitungan suara di Indonesia. Hal ini dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku agar hasil pemilu di luar negeri, termasuk di Belanda tidak memengaruhi pemilih yang di Tanah Air.
 
Baca:11.744 WNI di Belanda Antusias Ikuti Pemilu

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif