Protes Harga BBM Tinggi di Prancis, Pedemo Incar SPBU
Polisi Prancis mengawasi aksi protes menentang tingginya harga BBM di Lyon. (Foto: AFP).
Paris: Protes menentukan tingginya harga bahan bakar masih terus berlangsung di Prancis. Pedemo mengincar depot pengisian bahan bakar sebagai sasaran protes mereka.

Para pengunjuk rasa marah karena harga bahan bakar yang tinggi. Mereka diperkirakan akan memblokir akses ke depot bahan bakar Prancis dan menghentikan lalu lintas di jalan-jalan utama.

Demo hari keempat pada Selasa 20 November ini, merupakan bentuk aksi atas penolakan pemerintah untuk menghapus pajak antipolusi. Protes ‘Rompi Kuning’ ini telah menewaskan satu orang dan 528 lainnya terluka. Mereka terus melakukan perlawanan atas kebijakan ekonomi Presiden Emmanuel Macron.


Pada Senin, puluhan ribu demonstran masih mengawaki ratusan barikade di jalan raya dan pom bensin Saint Etienne. Jumlah pedemo turun dari hampir 300.000 orang di hampir lebih dari 2.000 lokasi protes pada Sabtu.

Raksasa minyak Total menegaskan bahwa beberapa truknya telah dicegat dari mencapai depot di selatan dan timur negara itu. Kondisi ini menyebabkan kekhawatiran dari para pemilik usaha kecil.

"Hal terburuk adalah memblokir ekonomi dan membuat seluruh situasi lebih buruk," ujar Ketua Federasi usaha kecil dan menengah kepala federasi U2P, Alain Griest, seperti dikutip AFP, Selasa 20 November 2018.

Pada Senin 19 November, pasukan keamanan membersihkan demonstran dari beberapa lokasi protes. Ini termasuk jembatan gantung yang mengarah ke kota Bordeaux di barat daya yang telah diblokir selama tiga hari.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id