Tank pasukan Ukraina berada di kota Avdiivka yang dekat dengan wilayah pemberontak pro Rusia. (Foto: Getty Images)
Tank pasukan Ukraina berada di kota Avdiivka yang dekat dengan wilayah pemberontak pro Rusia. (Foto: Getty Images)

Komandan Pemberontak Ukraina Tewas Terkena Bom Mobil

Internasional krisis ukraina
Willy Haryono • 05 Februari 2017 07:00
medcom.id, Luhansk: Seorang komandan senior pemberontak pro Rusia di Ukraina timur tewas dalam sebuah serangan bom mobil di Luhansk.
 
Oleg Anashchenko, kepala militer Republik Rakyat Luhansk (LPR), dilaporkan tewas seketika dalam ledakan tersebut. Insiden disebut juru bicara pemberontak Andrey Marochko sebagai "aksi terorisme."
 
Ledakan terjadi di tengah pertempuran tersengit sepanjang pekan antara pemberontak dengan pasukan Ukraina sejak konflik di wilayah timur meletus pada 2015.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Marochko mengatakan "unit khusus Ukraina" diduga berada di balik serangan yang disebutnya bertujuan "menggoyang stabilitas Republik."
 
"Kami akan mencari pelaku aksi kejam ini, dan mereka akan mendapat hukuman setimpal," ucap Marochko, seperti dilansir BBC, Sabtu (4/2/2017).
 
Otoritas Ukraina di Kiev membantah terlibat dalam serangan bom di Luhansk.
 
Aksi kekerasan di Ukraina timur meningkat sejak sepekan terakhir. Serangkaian serangan dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 35 orang. Terdapat kekhawatiran angka kematian sebenarnya jauh lebih tinggi.
 
Kedua kubu saling menyalahkan atas meningkatnya ketegangan.
 
Sementara itu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan berbicara dengan Presiden Ukraina Petro Poroshenko pada Sabtu ini. Poroshenko diduga akan meminta kepastian agar Washington tetap mendukung Kiev secara diplomatik.
 
Awal pekan ini, kota Avdiivka di Ukraina timur yang dikuasai pemerintah telah dilanda serangkaian serangan. Kota dengan populasi sekitar 22 ribu orang itu kekurangan air bersih dan kehilangan aliran listrik di tengah cuaca dingin.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif