Sebuah kapal selam yang jenisnya tidak diketahui berada di Severomorsk, Rusia, 2 Juli 2019. (Foto: AFP/KSENIYA GAPONKO)
Sebuah kapal selam yang jenisnya tidak diketahui berada di Severomorsk, Rusia, 2 Juli 2019. (Foto: AFP/KSENIYA GAPONKO)

Insiden Kapal Selam Rusia Tewaskan 14 Kru

Internasional rusia
Willy Haryono • 03 Juli 2019 06:52
Moskow: Empat belas kru tewas dalam kebakaran di sebuah kapal selam di perairan Rusia. Insiden terjadi di tengah laporan media lokal bahwa kapal selam mini itu adalah bagian proyek rahasia pemerintah Rusia.
 
Surat kabar Novaya Gazeta mengutip beberapa sumber dan melaporkan bahwa insiden terjadi di kapal selam mini bertenaga nuklir jenis AS-12. Kapal selam tersebut memiliki kemampuan menyelam hingga ke laut dalam.
 
Otoritas Rusia hanya memberikan sedikit informasi mengenai kapal selam tersebut maupun seputar insiden. Namun, kehadiran sejumlah petinggi militer Rusia di kapal selam tersebut mengindikasikan bahwa AS-12 menjalankan misi penting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut keterangan Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari laman AFP, Selasa 2 Juli 2019, 14 kru meninggal dunia pada Senin kemarin akibat menghirup gas beracun yang timbul usai kebakaran.
 
Mosow menyebut kapal selam yang mengalami insiden itu tengah melakukan riset ilmiah mengenai permukaan dasar laut di perairan Moskow utara.
 
Sementara itu, otoritas radiasi Norwegia sempat mengaku menerima informasi dari Rusia bahwa adanya ledakan gas di kapal selam tersebut. Rusia dengan cepat membantahnya.
 
"Ada ledakan gas, telah dikonfirmasi otoritas Rusia," kata Per Strand, Direktur Otoritas Perlindungan Radiasi Norwegia (NRPA) kepada AFP.
 
"Kami masih menanti informasi lanjutan dari Rusia mengenai apakah ada reaktor (nuklir) di kapal selam tersebut," lanjutnya. Terkait insiden ini, NRPA mengaku tidak mendeteksi adanya peningkatan radiasi di sekitar area.
 
Merespons pernyataan NRPA, Kemenhan Rusia mengatakan bahwa pihaknya "tidak mengirim notifikasi ke Norwegia" mengenai kapal selam yang sedang melakukan riset ilmiah.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif