Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Perdana Menteri Inggris Theresa May (kanan). (Foto: AFP).
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Perdana Menteri Inggris Theresa May (kanan). (Foto: AFP).

AS Jaga Hubungan dengan Inggris Pasca Brexit

Internasional inggris
Marcheilla Ariesta • 03 Juni 2019 16:32
London: Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Inggris Woody Johnson mengatakan Washington akan terus menjaga hubungan dengan Inggris pascaBrexit.
 
"Apapun yang terjadi dengan Brexit, Amerika Serikat dan Inggris akan menikmati hubungan yang hebat," tuturnya dikutip dari laman Sputnik, Senin, 3 Juni 2019.
 
Pernyataan tersebut sama dengan yang diucapkan Presiden AS Donald Trump jelang kunjungan kenegaraannya ke Inggris. Trump bersumpah untuk habis-habisan mengamankan kesepakatan perdagangan bebas antara Inggris dan AS beberapa bulan usai London keluar dari Uni Eropa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Johnson, Gedung Putih tengah bernegosiasi dengan Kementerian Perdagangan Inggris untuk mengamankan kesepakatan dagang ini.
 
"Saya pikir fakta bahwa perjanjian perdaganagn bebas ada di meja Presiden pada hari pertama begitu Inggris keluar, dan kita bisa bernegosiasi," tuturnya.
 
Baca juga: Trump Minta Inggris Bersiap Tinggalkan UE Tanpa Perjanjian
 
"Kami sudah melakukan negosiasi awal, untuk melihat persyaratan yang memungkinkan negosiasi lanjutan berhasil," ungkap dia.
 
Woody menambahkan seluruh kerja sama ekonomi akan menjadi bagian utama dari perjanjian tersebut.
 
Jelang kunjungan kenegaraan ke Negeri Ratu Elizabeth, Trump meminta Inggris keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan. Saran ini diungkapkan jika Brussels menolak memenuhi tuntutan Inggris.
 
"Jika tidak mendapatkan perjanjian seperti yang kalian mau, dan jika perjanjian itu tidak adil, maka tinggalkan saja," sebut Trump.
 
Tenggat waktu terbaru yang disepakati untuk Brexit adalah Oktober mendatang, dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda perjanjian apapun antara Inggris dengan UE.
 
Baca juga: Berbagai Bahasan dalam Kunjungan Kenegaraan Trump ke Inggris

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif