Presiden Ukraina Petro Poroshenko. (Foto: AFP/SERGEI SUPINSKY)
Presiden Ukraina Petro Poroshenko. (Foto: AFP/SERGEI SUPINSKY)

Poroshenko: Risiko Perang antara Ukraina dan Rusia Kian Besar

Internasional krisis ukraina
Willy Haryono • 04 Februari 2016 08:22
medcom.id, Berlin: Risiko terjadinya perang terbuka dengan Rusia semakin besar dibanding tahun lalu, ucap Presiden Ukraina Petro Poroshenko kepada surat kabar Bild.
 
Poroshenko, yang bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel di Berlin pada Senin, mengatakan Rusia tidak mengimplementasikan satu poin pun dari perjanjian Minsk, termasuk gencatan senjata antara pasukan Ukraina dan separatis pro Rusia di wilayah timur.
 
Rusia juga disebut Poroshenko terus meningkatkan kekuatan militernya di perbatasan Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bahaya perang terbuka lebih besar dari tahun lalu," ujar Poroshenko, dalam wawancara yang diterbitkan di Bild, Rabu (3/2/2016). "Rusia terus membuat persiapan perang."
 
Merkel mendorong Presiden Rusia Vladimir Putin via telepon untuk menggunakan pengaruhnya terhadap separatis, agar gencatan senjata bisa benar-benar diterapkan. Merkel juga meminta Putin agar tim pengawas dari organisasi keamanan OSCE diizinkan masuk ke daerah konflik.
 
Sejak Rusia menganeksasi Krimea dari Ukraina pada Maret 2014, Jerman curiga Moskow sengaja hendak menggoyang kestabilan Eropa dan menciptakan semacam kevakuman.
 
"Sekarang Putin juga sudah memulai perang informasi dengan Jerman," tutur Poroshenko.
 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif